Alasan Lemak di Perut Sulit dihilangkan

DokterSehat.Com – Lemak memang merupakan salah satu hal yang paling tidak di inginkan oleh orang, terutama lemak yang ada pada perut yang sangat susah sekali untuk dihilangkan. Lemak yang ada diperut bisa sangat mengganggu penampilan dan juga berpengaruh pada kesehatan, juga adanya fluktuasi seperti kenaikan kortisol yang bisa membuat estrogen menurun dan terjadi akumulasi lemak pada perut.

18

Lemak yang ada diperut biasa disebut dengan visceral fat ini merupakan lemak yang mengelilingi organ perut dan berbahaya bagi kesehatan, namun sayangnya lemak ini cenderung sulit untuk dihilangkan.

Banyak yang sudah berusaha semampunya untuk mendapatkan perut yang langsing tapi kenyataannya mereka belum mendapatkan hasilnya. Lalu sebenarnya apa penyebab lemak di perut itu sulit untuk dihilangkan?

Anda tidak perlu putus asa, kita ketahui dulu alasannya kenapa lemak diperut sulit untuk dihilangkan. Berikut ini penyebab kenapa lemak di perut sulit hilang :

  • Usia
    Bertambahnya usia ternyata sangat mempengaruhi kenapa lemak diperut sulit hilang. Ketika usia bertambah tubuh pun ikut berubah dan tingkat hormon pertumbuhan (HGH) juga mulai menurun. HGH ini adalah hormon penting guna pembentukan otot dan metabolisme lemak.Ketika hormon inisemakin menurun maka menyebabkan tubuh sulit untuk membongkar lemak terutama yang ada di perut. Makanya untuk menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak di perut bisa menjadi sangat sulit seiring bertambahnya usia.
  • Olahraga yang salah
    Tidak hanya faktor usia, ternyata jika Ada melakukan olahraga yang salah bisa menyebabkan sulit lunturnya lemak diperut. Kebanyakan orang melakukan olahraga kardio ketika berusaha menurunkan berat badan. Tapi sebenarnya olahraga kardio seperti berlari di treadmill tidak cukup berpengaruh terhadap lingkar pinggan dan lemak yang ada di perut. Makanya variasikan olahraga dengan kardio dan angkat beban.
  • Kurang tidur
    Tidur dapat berpengaruh pada fungsi tubuh dan kesehatan tubuh secara keselurunan. Kurang tidur dapat berpengaruh terhadap metabolisme tubuh sehingga menyebabkan pembakaran lemak berkurang. Selain itu jika metabolisme menurun dapat membuat Anda lebih suka ngemil yang tentunya akan menambah lemak diperut.
  • Stres
    Stres merupakan salah satu alasan kenapa lemak di perut sulit untuk di hilangkan. Karena stres akan memicu tubuh untuk memproduksi kortisol yaitu hormon stres. Hormon tersebut dapat menurunkan otot dan membuat lemak menumpuk di bagian perut. Selain itu hormon stres tersebut dapat memperbesar sel lemak yang membuat tubuh semakin menyimpan lemak. Makanya sebaiknya Anda menghindari stres agar perut bisa langsing.
  • Makanan yang salah
    Pola  Makan yang salah juga dapat menjadikan lemak di perut sulit dihilangkan. Jika Anda mengonsumsi makanan olahan terlalu banyak maka dapat membuat Anda sulit untuk menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak diperut. Nah, agar Anda lebih cepat menurunkan berat badan terutama menghilangkan lemak di perut sebaiknya mengonsumsi lemak sehat dan menghindari makanan olahan.