Alasan Kenapa Tidur Telanjang Baik Untuk Anda

DokterSehat.Com – Memiliki fisik maupun psikologis yang segar saat bangun tidur tentu menjadi keinginan dari semua orang. Namun, sampai saat ini bisa dipastikan masih banyak orang yang merasa pegal, kurang nyaman dan malas saat bangun tidur. Banyak hal yang membuat kenapa seseorang justru malas dan merasa berat untuk bangun. Salah satu hal tersebut adalah pakaian yang tidak nyaman atau terlalu ketat.



Menurut penelitian tidur telanjang selain lebih nyaman ternyata juga baik untuk kesehatan Anda. Mungkin sulit jika Anda harus berbagi kamar dengan orang lain, tetapi jika Anda memiliki cukup privasi tidur tanpa busana patut anda coba.

Ketika tidur tubuh Anda mengeluarkan keringat untuk beberapa saat kemudian kembali mendingin, hal itu merupakan bagian dari proses pemulihan tubuh setelah melakukan aktivitas seharian. Tujuan utama tidur telanjang adalah untuk memperlancar aliran darah di sekujur tubuh. Pakaian yang kita gunakan saat tidur menghambat sirkulasi darah di dalam tubuh. Karet dari piama atau celana pendek yang Anda gunakan saat tidur menghambat aliran darah sehingga mengurangi kualitas tidur Anda.

Tidur telanjang dianjurkan bagi mereka yang menderita insomnia karena dapat memberikan efek yang menenangkan. Ketika Anda tidak menggunakan pakaian sama sekali aliran udara dapat mengalir bebas melalui pori-pori kulit yang mana menngoptimalkan proses perbaikan sel-sel kulit mati. Dengan tidur telanjang Anda dapat mengoptimalkan kinerja kelenjar sebaceous yang berfungsi membantu memperbaiki metabolisme tubuh.

Ketika Anda tidur menggunakan pakaian suhu tubuh akan meningkat (terutama di tempat bersuhu hangat), suhu hangat di malam hari menghambat pelepasan hormon melatonin dan hormon pertumbuhan (anti-aging) di dalam tubuh. Inilah mengapa orang terlihat lebih segar dan cerah setelah memperoleh istirahat yang cukup, hormon ini melakukan siklus regenerasi ketika Anda tidur, dan siklus ini akan lebih optimal ketika Anda tidur tanpa busana.

Baca Juga:  Alergi Makanan Pada Anak

Nah, bagaimana sekarang patut dicoba bukan? selain memberikan kenyamanan, tidur telanjang juga membantu tubuh mengurangi hormon stres (cortisol) ketika anda berisitrahat, tidur telanjang juga menjaga level energi Anda di saat Anda tidur. Bermanfaat sekali bukan, belum lagi manfaat tambahan bagi Anda yang memiliki pasangan, pasti sangat menyenangkan bisa saling bersentuhan langsung tanpa sehelai benang pun.