Alasan Kenapa Menjaga Kebersihan Telinga Itu Penting

DokterSehat.Com – Telinga merupakan salah satu indera yang memiliki fungsi sangat penting bagi kehidupan manusia, sama halnya seperti mata yang berguna sebagai indera penglihatan. Telinga merupakan indera pendengaran yang sangat penting untuk kita jaga kesehatannya, karena tanpa adanya indera pendengaran maka secara otomatis dapat menyebabkan seseorang menjadi tuli.



Berikut langkah penting untuk menjaga kebersihan telinga:

• Hindari kondisi basah
Kondisi basah dan hangat akan mengundang bakteri atau jamur untuk tumbuh di telinga. Jadi, jangan sampai lupa mengeringkan telinga setiap habis mandi.

• Jangan terlalu sering dibersihkan
Membersihkan telinga terlalu sering pun tak baik. Itu akan berbuntut pada hilangnya lapisan penting telinga, seperti minyak atau serumen yang ada di sekitarnya. Meski lengket, serumen punya fungsi mengikat debu, bahkan serangga kecil yang mencoba masuk.

• Kunyah sebaik-baiknya
Cobalah untuk mengunyah makanan dengan baik. Karena mengunyah adalah mekanisme alami tubuh untuk mengeluarkan kotoran dari dalam telinga.

• Periksa rutin
Lakukan pemeriksan rutin telinga setidaknya setahun sekali. Selain menjaga kebersihannya, pemeriksaan ini bermanfaat untuk mengetahui kondisi kesehatan telinga kita.

• Atur volume suara
Dalam sebuah penelitian, para ahli menemukan fakta yang menemukan telinga bisa rusak dan terganggu pendengarannya jika terlalu sering mendengar musik via pendengar suara dengan setelan suara kencang. Baiknya, gunakan earphone maksimal dua jam sehari. Sesudah itu, istirahatkan pendengaran selama enam jam.

• Pakai eardrops
Manfaatkanlah eardrops saat berenang atau tidur. Dengan bantuan pelindung tersebut, telinga akan terhindar dari resiko masuknya kotoran atau binatang kecil.

BACA JUGA : Suplemen Vitamin: Perlukah?