Alasan Jerawat di Telinga Terasa Jauh Lebih Sakit

DokterSehat.Com – Jerawat adalah masalah kesehatan kulit yang bisa saja menyerang siapa saja. Satu hal yang pasti, jerawat sangatlah membuat frustrasi mengingat masalah kulit ini bisa menurunkan kepercayaan diri dan penampilan kita dengan drastis. Jerawat sendiri bisa tumbuh di semua permukaan kulit manusia namun akan cukup sering muncul di wajah. Selain membuat penampilan kita menjadi lebih buruk, jerawat bisa membuat rasa tidak nyaman dan bahkan rasa sakit dan gatal yang tentu akan membuat kita resah, apalagi jika jerawat ini muncul pada daun telinga.

doktersehat-telinga-masuk-air-gatal-jerawat

Meskipun jarang terjadi, jerawat yang muncul pada daun telinga cenderung terasa lebih sakit jika dibandingkan dengan jerawat pada muka. Rasa sakit ini mungkin setara dengan jerawat batu atau jerawat yang sedang matang-matangnya di wajah. Pakar kesehatan dr. Dendy Engelman yang berasal dari New York, Amerika Serikat, menyebutkan jika jerawat pada telinga memang cenderung lebih terasa sakit mengingat jerawat ini tumbuh pada permukaan kulit yang cenderung tipis. Tak hanya itu, pada tlinga ada bakteri yang bisa memicu infeksi dan peradangan sehingga jerawat pun akan terasa jauh lebih parah dan menyakitkan. Permukaan kulit telinga yang cenderung tipis dan bersinggungan dengan tulang rawan bisa memicu chondritis, kondisi dimana rasa nyeri bisa sangat menyakitkan.

Engelman menjelaskan bahwa daun telinga ternyata penuh dengan kelenjar sebaceous dan mudah tersumbat sehingga memicu masuknya bakteri. Sementara itu, jerawat bisa saja muncul pada daun telinga andai bahan-bahan layaknya kondisioner rambut, hair spray, gel rambut, dan beberapa produk perawatan rambut lainnya memasuki pori-pori pada daun telinga. Kombinasi masuknya bakteri dan bahan kimia ini akan menimbulkan jerawat yang menyakitkan.

Baca Juga:  Bantahan BPOM mengenai obat flu dan batuk yang mengandung PPA

Karena alasan inilah Engelman menyarankan kita untuk rutin membersihkan daun telinga dengan kapas yang dibasahi alkohol agar tidak mudah menyebabkan timbulnya jerawat.