Alasan Dibalik Keputusan Mengecilkan Payudara

DokterSehat.Com – Tidak selamanya payudara besar membuat seorang perempuan bangga dan percaya diri. Ada kalanya, payudara besar malah menimbulkan keluhan lain. Karena itulah prosedur pengecilan payudara dilakukan.



Spesialis bedah plastik, dr Enrina Diah, SpBP-RE (KKF), mengakui dirinya banyak menerima pasien yang ingin mengecilkan payudara. Sebagian wanita ada yang memiliki payudara dengan ukuran yang terlalu besar, dan kadang hal itu mengganggu aktivitas fisik mereka, ucap dr Enrina dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Senin.

Selain itu pasien yang datang mengaku payudara yang terlalu besar bisa menimbulkan rasa nyeri di tempat tekanan tali kutang, leher belakang, dan tulang punggung. Tak cuma itu, kerap pula muncul iritasi dan peradangan kulit lipatan di bawah payudara.

Juga ada beban psikologis karena orang lain sering memusatkan pandangan hanya pada payudaranya, lanjut dokter yang berpraktik di Ultimo Aesthetics and Dental Center.

Operasi ini dianjurkan untuk wanita berpayudara besar yang menginginkan payudara yang lebih proporsional. Prosedur bisa dilakukan untuk sebelah payudara saja ataupun keduanya.

Mereka yang berusia remaja, dewasa, atau setengah baya bisa menjalani tindakan ini agar ukuran (payudaranya) sesuai yang diinginkan dan proporsional dengan bentuk tubuhnya, imbuh dr Enrina.

BACA JUGA : Pengobatan Dan Jenis Kanker Yang Mematikan