Alasan Anda Terlihat Tua Saat Stres

Doktersehat.com – Rasa lelah setelah seharian beraktivitas atau tidur yang tidak berkualitas terkadang membuat penampilan Anda terlihat lusuh karena kulit menjadi pucat, muncul kantung mata, dan  kerutan di kulit.



Seorang profesor ilmu kedokteran, dr. Amit Sood menjelaskan bahwa kemampuan kulit untuk melindungi diri akan menurun saat sedang stres. Selain itu, stres juga menyebabkan kadar melanin menurun yang mengakibatkan wajah menjadi menguning dan terlihat kuyu.

Menurut Sood tubuh akan menyerang diri sendiri saat mengalami stres. Itulah sebabnya saat sedang stres, tidur Anda menjadi kurang nyenyak, kehilangan efisiensi tubuh, nafsu makan meningkat, dan otomatis berat badan Anda pun akan meningkat.

Seorang pakar anestesi dan ilmu penyakit dalam, dr. Michael Roizen menjelaskan saat tidur manusia akan mendistribusikan air yang ada di dalam tubuh. Ketika kurang tidur maka air akan memenuhi bagian bawah mata dan membebani kulit sekitar bawah mata berupa kantung mata dan lingkaran hitam di sekitar mata.

Waktu tidur yang tidak cukup juga dapat berpengaruh pada kulit karena kulit menjadi kehilangan kesempatan untuk mengencangkan dan menyegarkan kembali kondisinya.

Seperti lingkaran setan, sters dapat menyebabkan mengakibatkan waktu tidur menjadi berkurang dan hal ini dapat menyebabkan wajah terlihat kuyu dan lebih tua akibat timbulnya kerutan.

Menurut Roizen, stres bahkan tak hanya dapat menimbulkan keriput di wajah tapi juga di pembuluh darah yang sewaktu-waktu dapat menimbulkan penyakit serius, meski masih berusia sangat muda.

Sumber: detik.com