Akupuntur untuk Penderita Hipertiroidisme

DokterSehat.Com – Hipertiroidisme (tiroid terlalu aktif) adalah suatu kondisi di mana kelenjar tiroid menghasilkan terlalu banyak hormon tiroksin. Hipertiroidisme secara signifikan dapat mempercepat metabolisme tubuh, menyebabkan penurunan berat badan secara tiba-tiba, detak jantung yang cepat atau tidak teratur, berkeringat dan gelisah atau lekas marah. Terdapat beberapa pilihan pengobatan dan umumnya berespon baik dengan pengobatan yang dilakukan.



Tiroid menghasilkan dua hormon utama, yaitu tiroksin ( T-4) dan triiodothyronine ( T-3), yang mempengaruhi setiap sel dalam tubuh. T-4 dan T-3 berfungsi untuk mengatur metabolisme lemak dan karbohidrat, membantu mengontrol suhu tubuh, mempengaruhi denyut jantung dan membantu mengatur produksi protein. tiroid juga memproduksi kalsitonin, suatu hormon yang membantu mengatur jumlah kalsium dalam darah Anda. Jumlah T-4 dan T-3 di atur oleh Hipotalamus hipofisis dengan melepaskan Thyroid Stimulating Hormone (TSH).

Penyebab hipertiroidisme

Biasanya tiroid melepaskan hormon jumlah yang tepat , tapi kadang-kadang menghasilkan terlalu banyak T -4 . Ini terjadi karena beberapa alasan , termasuk :

  1. Penyakit Graves
    Graves desease merupakan gangguan autoimun di mana antibodi yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh merangsang tiroid untuk menghasilkan terlalu banyak T-4 yang merupakan penyebab paling sering dari hipertiroidisme. Para ilmuwan tidak yakin apa yang menyebabkan penyakit Graves, meskipun beberapa faktor seperti genetik mungkin terlibat.
  1. Hiperfungsi nodul tiroid (adenoma toksik, gondok beracun multinodular, Penyakit Plummer)
    Bentuk hipertiroidisme terjadi ketika satu atau lebih adenoma tiroid menghasilkan terlalu banyak T-4. Tidak semua adenoma menghasilkan kelebihan T-4 , dan dokter tidak yakin apa yang menyebabkan adenoma mulai memproduksi terlalu banyak hormon T-4.
  1. Tiroiditis
    Kadang-kadang kelenjar tiroid dapat mengalami peradangan karena alasan yang tidak diketahui. Peradangan ini bisa menyebabkan kelebihan hormon tiroid yang disimpan dalam kelenjar bocor sehingga masuk ke dalam aliran darah. Kadang-kadang tiroiditis dapat terjadi setelah kehamilan (tiroiditis pasca-melahirkan).

Gejala dan tanda hipertiroidisme mirip dengan masalah kesehatan lainnya karena semua memiliki barbagai tanda dan gejala seperti :

  • Tiba-tiba berat badan menurun walaupun nafsu makan dan diet tetap normal atau bahkan meningkat.
  • Detak jantung cepat (takikardia) yang umumnya lebih dari 100 detak per menit, detak jantung tidak teratur (aritmia) atau jantung berdebar (palpitasi).
  • Nafsu makan meningkat.
  • Kegugupan, cemas dan mudah marah.
  • Tremor (tangan gemetar terutama terlihat saat memegang benda).
  • Sweating (berkeringat).
  • Perubahan pola haid.
  • Sensitivitas terhadap panas meningkat.
  • Perubahan pola buang air besar, buang air besar menjadi lebih sering.
  • Sebuah kelenjar tiroid membesar (gondok), yang mungkin muncul sebagai pembengkakan pada pangkal leher.
  • Kelelahan dan kelemahan otot.
  • Kesulitan tidur (insomnia)
Baca Juga:  Aroma Makanan Berikut Ini Efektif Membantu Kita Memperbaiki Mood

Kiat dan tips

Berikut beberapa kiat dan tips melakukan terapi akupuntur untuk penderita hipertiroidisme sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu :

  1. Meridian limfe
    Menurut salah seorang praktisi akupuntur yang membuka praktek di kawasan Surabaya, dikatakan bahwa pengobatan hipertiroidisme dapat dilakukan dengan memberikan perangsangan pada titik limfe. Masih menurut sumber yang sama, dikatakan bahwa perangsangan titik limfe ini bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap peradangan atau inflamasi pada kelenjar thiroid yang dipicu oleh virus atau bakteri.
  1. Meridian jantung unsur api
    Titik meridian jantung unsur api ternyata juga berkaitan dengan pengaturan irama denyut jantung dan pergerakan persyarafan pada jaringan usus kecil dan besar. Sebagaimana disebutkan sebelumnya, berlebihnya hormon tiroksin yang dilepaskan ke dalam aliran dapat mempengaruhi irama jantung dan pergerakan usus besar. Penggunaan jarum rangsangan kuat pada titik meridian ini berguna untuk menyeimbangkan dan menormalkan kembali refleks jantung dan usus.

Demikianlah beberapa melakukan terapi akupuntur untuk penderita hipertiroidisme yang bisa dipertimbangkan. Agar terapi pengobatan ini bisa semakin optimal, ada baiknya jika dilakukan secara sistemik dan berkelanjutan, serta menjalankan pola hidup sehat dengan kesungguhan.