Akupuntur Sehat untuk Tubuh

DokterSehat.Com – Selain melakukan olahraga secara teratur dan menjaga pola makan yang seimbang, menjaga kesehatan tubuh juga harus diimbangi dengan menghindari kebiassaan buruk seperti merokok dan mengkonsumsi minuman berlkohol. Namun demikian, sebenarnya masih ada cara yang dapat dilakukan untuk menjaga dan mempertahankan kesehatan tubuh tanpa perlu repot melakukan olahraga dalam taraf yang berat, yaitu dengan penggunaan metode akupuntur.  Apa sajakah penyebab dan alasan mengapa akupuntur sehat untuk tubuh?

15

Penyebab dan alasan

Berikut beberapa penyebab dan alasan mengapa akupuntur sehat untuk tubuh dan sebaiknya dilakukan secara periodik sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu :

  • Stimulan
    Pemberian stimulan dimaksudkan untuk melatih dan mengembangkan respons syaraf tubuh atau sistem metabolisme tubuh terhadap suatu rangsang tertentu, sehingga dicapai pengoptimalan kinerja organ faal tubuh. Menurut sebuah majalah kesehatan ternama terbitan Jakarta, dikatakan bahwa pemberian stimulasi ini diibaratkan dengan pelatihan atau olahraga sistem kelenjar endokrin dan sistem syaraf tubuh.
  • Tepat sasaran
    Teknik akupuntur memiliki keunggulan yaitu tepat sasaran. Hal ini sebenarnya berkaitan dengan terjadinya gangguan kesehatan yang dapat segera diatasi dengan pemberian stimulasi pada area meridian yang tepat dan akurat, sehingga efisiensi penyembuhannya lebih tinggi dibandingkan dengan penggunaan konsumsi obat-obatan atau terapi dan olahraga tertentu. Menurut beberapa sumber, dikatakan bahwa terdapat lebih dari 2000 titik refleksi dan meridian tertentu yang tersebar secara merata pada daerah telinga, kulit kepala, telapak tangan dan telapak kaki, muka, hidung, pergelangan tangan dan kaki serta pada area akupuntur klasik dan istimewa.
  • Perhatikan waktu
    Selain berbagai keunggulan dan keuntungan metode akupuntur, menurut salah seorang praktisi akupuntur yang biasa mengisi rubrik kesehatan, harus pula diperhatikan keefektifan akupuntur dengan menyeimbangkan waktu yang tepat pada saat melakukan therapy. Dikatakan bahwa beberapa organ faal seperti jantung bekerja maksimal pada siang hari, paru-paru dan liver bekerja maksimal pada pagi hari, sedangkan ginjal bekerja maksimal pada sore hari.
Baca Juga:  Manfaat Akupuntur untuk Terapi Hormonal

Demikianlah beberapa penyebab dan alasan mengapa akupuntur sehat untuk tubuh dan sebaiknya dilakukan secara periodik. Namun demikian, ada baiknya jika therapy ini dilakukan oleh ahlinya untuk mendapatkan hasil yang optimal.