Akupuntur Redakan Berbagai Penyakit

DokterSehat.Com – Dahulu, terapi akupunktur memang hanya dikenal di dunia pengobatan timur. Tetapi kini, pengobatan barat pun sudah mulai mengadopsinya. Akupuntur bekerja dengan cara memasukkan atau memanipulasi jarum ke dalam titik akupunktur tubuh.

14

Menurut ajaran ilmu akupunktur, metode ini akan memulihkan kesehatan, kebugaran, dan khususnya sangat baik untuk mengobati rasa sakit.

Jenis dan macam

Menurut salah seorang praktisi akupuntur yang biasa mengisi rubrik kesehatan pada salah satun harian surat kabar di Jawa Timur, dikatakan bahwa teknik akupuntur redakan berbagai penyakit yang berhubungan dengan peredaran darah ataupun susunan syaraf pusat dan tepi serta kelenjar-kelenjar endokrin tubuh, diantaranya adalah :

  • Alergi
    Menurut beberapa sumber medis, dikatakan bahwa alergi merupakan salah satu reaksi hipersensitifitas tubuh terhadap beberapa jenis zat tertentu yang bersifat allergen. Terapi akupuntur mengatasi alergi dapat dilakukan dengan teknik accupresure pada area refleksi anak ginjal kiri dan kanan, liver, limpa serta paru-paru kanan dan kiri.
  • Hiperhidrosis
    Masih menurut sumber yang sama, dikatakan bahwa hiperhidrosis merupakan salah satu gangguan sekresi hormonal yang menyebabkan keluarnya keringat secara berlebihan pada telapak taangan. Terapi akupuntur untuk mengatasi permasalahan ini dapat dilakukan dengan melakukan accupresure pada area refleksi hiperiroid, kelenjar hormon paru-paru kiri dan kanan serta pada anak ginjal kiri dan kanan.
  • Kelelahan
    Kelelahan secara fisiologis dan dikombinasikan dengan kelelahan secara psikologis seperti depresi dan stress, juga dapat diatasi dengan penggunaan terapi accupuncture menggunakan jarum kulit ataupun jarum tumpul pada titik meridian umum, seperti limpa, kelenjar hormon serta liver.

Namun demikian, terapi dan teknik akupuntur redakan berbagai penyakit di atas, juga sebaiknya diimbangi dengan pola dan gaya hidup sehat dengan istirahat yang cukup serta melakukan olahraga secara teratur.