Akupuntur, Cara Alternatif Untuk Menurunkan Berat Badan

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan yang cukup mudah ditemui adalah obesitas atau kegemukan. Tanpa kita sadari, pola makan sebagian masyarakat Indonesia semakin tidak sehat sehingga memicu semakin banyaknya orang yang terkena masalah kesehatan ini. Tidak hanya bisa mengganggu penampilan fisik, kegemukan juga bisa berimbas buruk dengan meningkatkan resiko terkena berbagai penyakit berbahaya layaknya diabetes, serangan stroke, atau bahkan penyakit jantung. Karena adanya alasan-alasan inilah, kini banyak orang yang berjuang keras untuk menurunkan berat badannya agar menjadi lebih ideal.

doktersehat-wanita-obesitas-meningkat

Sayangnya, menurunkan berat badan bisa menjadi perjuangan yang sangat melelahkan dan bahkan banyak orang yang akhirnya menyerah melakukannya. Memang, rutin berolahraga dan menata pola makan dengan sehat akan cukup sulit dilakukan. Untungnya, kini ada alternatif terbaru untuk mendapatkan berat badan yang ideal, yakni dengan menggunakan terapi akupuntur.

Pakar akupuntur dr. Ainil Masthura menuturkan jika terapi yang memakai jarum sebagai medianya ini akan cukup efektif menurunkan berat badan. Namun, harap diingat agar kita memakai jasa pakar akupuntur yang profesional yang mengetahui teknik akupuntur dengan baik dan aman secara medis mengingat metode akupuntur akan berbeda-beda sesuai dengan kondisi pasien. Dengan memakai terapi ini, diharapkan kita akan lebih baik dalam menahan nafsu makan mengingat akupuntur akan mampu merangsang saraf yang berkaitan dengan hormon serotonin. Selain itu, akupuntur juga akan meningkatkan metabolisme tubuh dan membuat berbagai organ pencernaan bekerja dengan lebih maksimal.

Hanya saja, menurut dr. Ainil, akupuntur saja akan percuma jika tidak diimbangi dengan perubahan gaya hidup dengan melakukan diet sehat dan seimbang serta olahraga rutin. Memang, melakukan diet dan olahraga akan cukup sulit dilakukan. Namun, dengan niat yang kuat dan dibantu dengan terapi akupuntur, maka program penurunan berat badan pun akan berhasil dengan lebih baik.