Akupuntur Bisa Menjadi Solusi Mengurangi Berat Badan

DokterSehat.Com – Selain pengobatan medis, beberapa jenis pengobatan alternatif juga patut kita coba untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan bugar. Salah satu metode pengobatan alternatif yang berasal dari ilmu kesehatan tradisional Tiongkok yang sangat terkenal di dunia adalah akupuntur. Akupuntur sendiri bisa dideskripsikan sebagai cara pengobatan yang menggunakan media jarum yang ditusukkan pada beberapa titik pada tubuh dimana beberapa sumber penyakit berasal. Selain untuk mengobati penyakit, akupuntur ternyata kini juga bisa dianggap sebagai solusi ideal bagi mereka yang ingin mendapatkan berat badan ideal.

doktersehat-setelah-melahirkan-sit-up-langsing-kendur

Bagaimanakah cara akupuntur bisa menurunkan berat badan? Pakar kesehatan menyebutkan jika dalam ilmu kesehatan Tiongkok, jika seseorang mengalami obesitas atau berat badan yang tidak ideal, maka aliran energi tubuhnya cenderung tidak seimbang. Aliran energi yang berasal dan menuju pusat otak yang disebut dengan hypthalamus ini mengalami gangguan dan pada akhirnya mempengaruhi hormon-hormon dalam tubuh dan menyebabkan berat badan menjadi tidak seimbang. Dengan melakukan terapi akupuntur, maka kita pun akan lebih baik dalam menata nfasu makan, memperbaiki proses pencernaan, hingga meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Dalam beberapa kasus, akupuntur juga bisa membuat hormon-hormon kita mempengaruhi proses pencernaan dalam tubuh dimana berbagai fungsi organ bekerja dengan lebih baik sehingga penyerapan makanan berlangsung dengan lebih maksimal.

Ada empat titik yang biasanya disasar oleh akupuntur jika ingin mendapatkan berat badan yang ideal; di area telinga, titik perut, titik endokrin, dan juga titik Shen Men. Setelah ditusukkan pada titik-titik tersebut, jarum akupuntur biasanya akan dihangatkan agar hormon-hormon dalam tubuh ikut terstimulasi dan mulai bekerja untuk memperbaiki keseimbangan aliran energi tubuh.

Pakar kesehatan menyarankan kita yang ingin memakai metode ini untuk menurunkan berat badan agar memiliki ahli akupuntur yang sudah dipercaya dan berpengalaman. Selain itu, terdapat sertifikat praktek yang jelas dan resmi. Namun, kita juga sebaiknya menjadi lebih baik mengatur pola makan dan rutin berolahraga agar program penurunan berat badan berlangsung dengan lebih baik.