Aktris Bollywood Legendaris Sridevi Meninggal Karena Serangan Jantung

DokterSehat.Com– Kabar mengejutkan datang dari dunia perfilman India, Bollywood. Aktris legendaris Sridevi Kapoor yang telah membintangi lebih dari 150 judul film sejak usianya 4 tahun meninggal di usia 54 tahun karena menderita serangan jantung pada hari Minggu, 25 Februari 2018.

Photo Source: India.com

Pakar kesehatan yang berasal dari The Women’s Heart Foundation menyebutkan bahwa setiap tahunnya, ada 35 ribu wanita di seluruh dunia dengan usia 55 tahun ke bawah yang terkena serangan jantung. Selain itu, Pusat Pengendalian Penyakit Amerika Serikat juga menyebutkan bahwa penyakit jantung adalah pemicu utama kematian bagi pria dengan usia 45-54 tahun. Sementara itu, penyakit ini lebih sering menyerang wanita dengan usia lebih dari 65 tahun.

National Institutes of Health menyebutkan bahwa serangan jantung terjadi karena tersumbatnya aliran darah yang menuju bagian otot jantung. Hal ini membuat bagian otot jantung mulai mengalami kematian. Biasanya, penyebab dari serangan jantung ini adalah adanya plak pada pembuluh darah arteri yang menyebabkan aliran darah tidak bisa mengalir dengan lancar atau bahkan benar-benar terhenti karena adanya sumbatan tersebut.

Dr. Lee Goldman, pakar kesehatan dari Columbia University Medical Center menyebutkan bahwa meskipun jarang terjadi pada orang-orang dengan usia kurang dari 55 tahun, sepertinya kasus kematian yang disebabkan oleh serangan jantung pada usia tersebut akan cenderung semakin meningkat mengingat semakin banyaknya kasus obesitas di seluruh dunia. Selain itu, kini semakin banyak orang yang menerapkan gaya hidup yang tidak sehat, malas berolahraga dan merokok, faktor-faktor yang menjadi pemicu datangnya serangan jantung seperti yang dialami oleh Sridevi.