Kemoterapi – Aktivitas Sehari-Hari Terkait Kemoterapi

DokterSehat.Com– Kemoterapi mempengaruhi orang-orang dengan cara yang berbeda. Apa yang Anda rasakan tergantung pada bagaimana kondisi kesehatan Anda sebelum pengobatan, jenis kanker Anda, seberapa parah kondisi kanker, jenis dan dosis kemoterapi yang Anda peroleh. Dokter dan perawat tidak dapat mengetahui dengan pasti apa yang Anda rasakan selama kemoterapi. Dokter atau perawatan perlu memberitahu Anda tentang efek samping yang seringkali terjadi dari pengobatan yang diusulkan sebelum Anda menyetujui pengobatan kemoterapi ini.

kemoterapi_botak_doktersehat

Beberapa orang tidak merasa baik setelah kemoterapi. Efek samping yang paling umum adalah kelelahan, merasa lemas dan tenaga terkuras. Anda dapat mempersiapkan diri untuk kondisi ini dengan cara:

  • Meminta seseorang untuk mengantarkan dan menemani Anda selagi kemoterapi
  • Perencanaan waktu untuk beristirahat pada hari-hari setelah kemoterapi
  • Dapatkan makanan dan perawatan full dari keluarga terdekat 1 hari setelah kemoterapi

Bekerja selama pengobatan kemoterapi
Banyak orang bisa bekerja selama kemoterapi, selama mereka mampu menyesuaikan kemampuan dengan jadwal mereka. Apakah Anda dapat bekerja lagi juga tergantung pada jenis pekerjaan yang Anda lakukan. Jika pekerjaan Anda memungkinkan, Anda mampu bekerja ketika sedang dalam siklus perawatan kemoterapi.

Jika Anda bekerja pada suatu perusahaan, bicarakan dengan atasan Anda tentang cara-cara untuk menyesuaikan pekerjaan Anda selama kemoterapi. Anda dapat mempelajari lebih lanjut apakah ada hak mengenai pekerjaan terkait kesehatan.

Konsumsi obat lain selagi menjalani kemoterapi
Hal ini tergantung pada jenis kemoterapi dan jenis obat yang Anda akan konsumsi. Beritahu dokter atau perawat tentang semua obat yang sedang Anda konsumsi, termasuk obat pencahar, obat alergi, obat flu, penghilang rasa sakit, aspirin, dan ibuprofen.

Salah satu cara untuk membiarkan dokter atau perawat tahu tentang obat ini adalah dengan membawa semua obat tersebut. Dokter atau perawat perlu tahu:

  • Nama masing-masing obat
  • Alasan kenapa Anda mengkonsumsinya
  • Berapa banyak yang Anda ambil
  • Seberapa sering Anda bawa
  • Bicarakan dengan dokter atau perawat sebelum Anda mengkonsumsi obat-obatan lain, vitamin, mineral, suplemen makanan, atau tumbuh-tumbuhan.