5 Aktivitas Biasa yang Bisa Matikan Sperma dengan Mudah

doktersehat sperma sehat

DokterSehat.Com – Bagi pria memiliki sperma yang sehat dan berkualitas adalah sebuah keharusan. Tanpa memiliki sperma yang berkualitas, mereka tidak akan bisa mendapatkan keturunan dengan cepat. Proses pembuahan akan terjadi sangat lambat karena peluang sperma menjangkau sel telur sangat rendah, bahkan tidak ada sama sekali.

Nah, agar sperma yang sangat penting ini tidak mengalami gangguan, pria disarankan untuk terus menjaganya. Pria tidak boleh membuat sperma dan area di sekitar sistem reproduksi terganggu. Biasanya pria jarang sekali memerhatikan kondisi kesehatan penis dan sekitarnya asal sudah bersih saat kencing dan mandi.

Pria biasanya kecolongan melakukan hal-hal sederhana di bawah ini dan menyebabkan sperma yang dihasilkan jadi menurun atau bahkan mati. Hindari beberapa hal di bawah ini.

  1. Bersepeda terlalu lama

Bagi beberapa orang bersepeda adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan. Bahkan setiap akhir pekan mereka selalu melakukan aktivitas ini dengan rutin. Melakukan olahraga atau hobi ini memang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, tapi kalau dilakukan secara berlebihan seperti intensitas terlalu tinggi atau malah jaraknya jauh, sperma bisa terganggu.

Saat mengayuh pedal, area di sekitar testis akan tertekan oleh pedal. Situasi ini bisa menyebabkan testis jadi sakit hingga mengalami gangguan. Salah satu tanda pria mengalami gangguan pada testis dan penis adalah sering mengalami mati rasa pada penis hingga perasaan tidak nyaman lainnya.

  1. Mengenakan celana dalam terlalu ketat

Mengenakan celana dalam terlalu ketat akan menyebabkan seorang pria merasakan panas di area celana dalamnya. Panasnya udara di dalam celana dan tidak adanya sirkulasi yang baik akan menyebabkan area skrotum susah memproduksi sperma secara maksimal. Naik satu derajat saja bisa memengaruhi kesehatan dari sperma.

Kalau pria ingin menjaga kesehatan dari sperma yang dimiliki, mereka disarankan untuk tidak mengenakan celana terlalu ketat. Selain itu ada baiknya mengenakan celana dalam yang sesuai kebutuhan, misal jenis bokser yang memiliki sirkulasi udara lancar dan juga membuat kelembapan yang ada di sekitar penis stabil.

  1. Sering berendam air panas

Berendam di dalam air hangat atau ke sauna memang menyenangkan. Banyaknya keringat yang keluar akan membuat tubuh jadi relaks. Beberapa pria yang ingin menurunkan berat badan bisa menggunakan sauna untuk membuat lemak di dalam tubuh mudah sekali luruh sehingga siapa saja bisa kurus dengan mudah.

Udara panas dan air yang suhunya di atas rata-rata tidak baik untuk kesehatan dari sperma. Seperti yang dikatakan sebelumnya, panas akan menurunkan kualitas dari sperma yang dihasilkan. Bahkan, bisa membuat sperma mati dengan cepat sehingga saat ejakulasi pria hanya mengeluarkan kurang dari 15 juta sel per mililiter air mani.

  1. Memangku laptop

Memangku laptop juga menyebabkan gangguan pada sperma. Gangguan ini bisa menyebabkan pria alami kemunduran kualitas sperma. Panas dari laptop yang mengenai area skrotum bisa menaikkan suhu di sana hingga beberapa derajat. Padah satu derajat saja bisa menyebabkan gangguan pada skrotum.

Pastikan laptop selalu berada di atas meja saat bekerja. Kalau ingin dipangku, beri lapisan di bawahnya untuk menghindari suhu panas langsung tembus ke penis.

  1. Merokok dan mengonsumsi alkohol

Bagi beberapa pria, merokok adalah hal biasa dan sering dianggap sebagai tanda maskulinitas. Namun, merokok bisa menyebabkan radikal bebas seperti racun masuk ke dalam tubuh dan masuk ke testis. Hal senada juga bisa dialami kalau mengonsumsi alkohol. Mulai sekarang coba kurangi kebiasaan buruk tersebut dan mulai gaya hidup sehat.

Semoga ulasan di atas bermanfaat dan sperma yang Anda miliki selalu ada dalam kondisi terbaiknya.