Aktivitas-aktivitas Kampus yang Bikin Sehat

DokterSehat.Com – Mau tahu kegiatan apa saja yang bisa membuat tubuhmu sehat? Silahkan disimak di bawah ini :



  • Berjalan kaki
    Pikirkan berapa langkah kakimu dalam satu hari ketika berada di kampus. Mulai dari berangkat ke kampus, pergantian ruangan kelas, ke kantin, hingga melakukan berbagai aktivitas perkuliahan. Ini bisa  dilakukan dari pagi hingga sore tanpa kamu sadari. Selain membuat tubuh menjadi bugar, berjalan kaki juga sangat baik untuk kesehatan otak, jantung dan tubuh.
  • Naik tangga
    Kalau gedung kampus kamu bertingkat, gak ada salahnya sekali-sekali untuk naik tangga daripada naik lift. Naik turun tangga dalam satu menit memiliki manfaat yang lebih besar dibandingkan berjam-jam ikut fitness. Bahkan, dalam penelitian yang dilakukan para ilmuwan di Oregon State University dikatakan apabila naik-turun tangga mempengaruhi beberapa indikator penting untuk kesehatan, seperti tekanan darah, kolesterol dan kadar gula darah.
  • Mengikuti organisasi kampus
    Mengikuti berbagai kegiatan kampus, seperti ikut berpartisipasi dalam organisasi di kampusmu gak hanya akan bikin kamu bertambah wawasan, pengalaman, teman tapi juga baik untuk kesehatan. Banyak sekali organisasi di kampus yang bisa kamu manfaatkan sebagai wadah pengembangan diri, serta untuk menghasilkan berbagai karya. Ini tentunya sangat menyenangkan. Aktivitas organisasi bisa menjadi penyeimbang dari aktivitas kelas yang membosankan. Perasaan senang ini bisa bermanfaat untuk menghilangkan stress karena banyaknya masalah dalam hidup. Gak bisa dipungkiri dengan mengikuti organisasi ini, justru membuat waktumu terpakai lebih banyak, lebih capek dan lebih banyak masalah. Justru ini seninya. Masalah dalam organisasi berbeda dengan masalah pribadi yang bisa membuat kamu merasa sedih dan depresi. Permasalahan yang akan kamu temukan adalah masalah baru menyangkut organisasi, serta harus dicari penyelesaianya bersama teman-temanmu. Jadi rasa capek yang akan kamu rasakan akan mempengaruhi kecerdasan intelektual, sekaligus pengalihan akan berbagai masalah berat dalam hidupmu.
  • Demonstrasi
    Demonstrasi juga bisa bermanfaat untuk kesehatan. Gak percaya? Demonstrasi adalah salah satu cara kita mengekspresikan bentuk kekesalan dan meluapkan emosi, yang akan membuat perasaan menjadi lebih lega. Dengan demonstrasi banyak hal yang harus kamu pikirkan dan perhitungkan. Mulai dari konsolidasi, cara mengumpulkan masa, hingga bagaimana berjalannya demonstrasi ini membutuhkan pemikiran yang matang dan cerdas. Selain itu, kamu harus berjalan kaki dari kampus hingga ke gedung DPR yang akan membuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat. Gak hanya itu, kegiatan ini juga sangat memicu adrenalin yang baik untuk jantung.
  • Debat
    Debat gak hanya bermanfaat secara intelektual, tapi juga kesehatan. Di sini emosi dan pikiran kita dilatih. Kamu harus cerdas mengamati perbedaan pendapat yang ada, serta harus menemukan teori dan pemikiran lain untuk menyanggah pendapat dari lawan debat. Tentunya adrenalin akan terpacu di sini. Dan adrenalin itu tidak hanya bisa kamu dapatkan dari olahraga ekstrim, dari juga dari berbagai situasi genting yang harus kamu hadapi.
Baca Juga:  Ingat, Menahan Bersin Sangatlah Tidak Baik

Akan tetapi, ada beberapa hal yang juga harus kamu perhatikan selama masa kuliah ini. Ingatlah untuk istirahat yang cukup, hindari minuman keras dan makan yang cukup. Karena berbagai aktivitas tersebut akan menyita banyak energi yang membuat tubuh cepat lelah.