Akibat Pola Makan yang Tidak Teratur

DokterSehat.com– Makan menjadi kebutuhan manusia untuk mendapatkan asupan yang akan diubah menjadi energi untuk melakukan kegiatan atau aktivitas. Idealnya makan yang teratur adalah tiga kali sehari, yaitu di pagi hari, siang hari, dan sore atau menjelang malam. Namun banyak orang yang terkadang menyepelekan waktu makan. Hal inilah yang akan memunculkan penyakit maag serta beberapa gangguan kesehatan lainnya. Dengan waktu makan yang tidak teratur, tentunya dapat berdampak pada jumlah asupan yang dibutuhkan tubuh menjadi berkurang.

15

Diantara tiga waktu makan, sarapan menjadi kategori yang paling banyak ditinggalkan oleh sebagian orang. Padahal kebutuhan nutrisi ini sangat penting untuk otak serta tubuh dalam melakukan aktivitas pagi hingga siang hari. Banyak alasan mengapa sarapan menjadi kebiasaan yang ditinggalkan, antara lain malas, terburu-buru berangkat kerja atau sekolah, timbul rasa ngantuk setelah sarapan, bosan dengan menu yang disajikan, dan lain-lain. Selain sarapan, makan malam pun kadang banyak ditinggalkan dengan alasan diet bagi sebagian orang. Padahal kebiasaan makan tidak teratur inilah yang dapat memicu berbagai gangguan kesehatan diantaranya:

Gangguan Penyerapan Gizi

Kebiasaan makan tidak teratur dapat menyebabkan gangguan penyerapan gizi pada tubuh. Hal ini disebabkan oleh sistem yang membutuhkan gizi dan berbagai macam vitamin yang diperlukan tubuh untuk melakukan proses metabolisme yang dapat menghambat aktivitas. Selain itu, jika mengalami kekurangan zat tersebut dapat berakibat pada tubuh yang mengambil vitamin dan gizi dari bagian tubuh yang lain. Padahal vitamin dan gizi tersebut sudah memiliki peranannya masing-masing.

Gangguan Pencernaan

Makanan yang dikonsumsi akan memberikan sumber tenaga untuk beraktivitas. Sedangkan tubuh kita bekerja selama 10 hingga 12 jam setiap hari. Jika pola makan Anda tidak teratur maka tubuh yang terus bekerja akan terganggu. Dengan tiadanya asupan makanan yang masuk, maka tidak akan ada yang dikonsumsi, padahal sistem pencernaan tetap akan bekerja. Dampaknya sistem pencernaan tersebut akan melukai organ pencernaan sendiri.

Baca Juga:  Mencegah Makan Berlebihan

Timbulnya Penyakit

Penyakit yang sering muncul jika pola makan tidak teratur adalah maag. Hal ini disebabkan oleh organ lambung kita tidak bekerja sesuai dengan waktunya. Lambung akan sangat tidak terbiasa dengan pola makan yang terus berganti-ganti. Akibatnya lambung tidak bisa menyesuaikan waktu kerjanya, sehingga dapat merusak bagian lambung itu sendiri.