Akhir Pekan di Rumah Saja Ternyata Ada Manfaatnya

DokterSehat.Com – Banyak orang yang memilih untuk menikmati waktu akhir pekan dengan berwisata ke berbagai tempat atau setidaknya berjalan-jalan bersama dengan keluarga. Dengan melakukannya, mereka akan merasa lebih baik dalam menghilangkan stress setelah sepekan penuh bekerja. Bagi mereka, menetap di rumah saja di akhir pekan kurang efektif dalam mengendalikan stress. Namun, menurut pakar kesehatan, tidak ada salahnya menghabiskan akhir pekan dengan bersantai atau beristirahat di rumah saja. Tanpa disadari, hal ini ternyata bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Apa sajakah manfaat kesehatan tersebut?

doktersehat-santai-tidur-laptop

Baik untuk kesehatan jantung
Dengan bersantai di akhir pekan, kita juga bisa meredakan stress. Dengan menikmati waktu bersama keluarga di rumah, kadar stress akan menurun dengan signifikan dan hal ini bisa menurunkan resiko terkena penyakit tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan berbagai masalah jantung lainnya.

Menjaga berat badan tetap ideal
Tanpa kita sadari, stress yang disebabkan oleh tekanan pekerjaan atau masalah lainnya bisa membuat kita kurang baik dalam mengendalikan pola makan. Stress bisa membuat kita lebih tergoda untuk mengkonsumsi makanan yang manis, apalagi jika kita keluar rumah. Dengan menghabiskan waktu akhir pekan di rumah, kita justru akan lebih baik dalam mengendalikan nafsu makan dan memilih untuk mengkonsumsi makanan yang lebih sehat. Alhasil, berat badan kita tetap ideal dan resiko terkena obesitas pun menurun.

Menjaga kestabilan emosi
Banyak orang yang memilih untuk menghabiskan waktu akhir pekan di rumah saja karena tidak ingin terjebak macet saat keluar rumah untuk menuju ke tempat wisata atau pusat perbelanjaan. Dengan tekena macet saat keluar rumah, maka kita justru akan kembali terkena stress dan dikhawatirkan mengalami masalah dalam menjaga kestabilan emosi. Maka, bersantai di rumah saja tentu akan menjadi lebih baik, bukan?