Akhir Pekan Bukan Alasan Bagi Kita Untuk Malas Mandi

DokterSehat.Com – Banyak orang yang menganggap akhir pekan sebagai saat untuk bermalas-malasan. Selain bisa menghabiskan waktu di rumah atau bahkan kamar seharian, banyak dari kita yang pada akhirnya malas untuk mandi, khususnya di pagi hari dan baru akan melakukannya di sore hari. Selain bisa menimbulkan bau yang tidak sedap, malas mandi ternyata juga bisa menimbulkan kerugian layaknya sebagai berikut.

doktersehat-mandi

Tubuh yang kotor
Sudah menjadi rahasia umum jika mandi akan membantu tubuh kita menjadi lebih bersih dari berbagai kotoran hingga kuman. Dengan tetap mandi di akhir pekan, maka kita pun tidak akan mudah terkena masalah bau badan atau rasa tidak nyaman pada tubuh karena badan penuh dengan kotoran. Andai di akhir pekan kita mau menyempatkan mandi dengan air hangat, kita bahkan bisa membantu tubuh mengeluarkan berbagai racun lewat keringat sehingga tubuh pun akan menjadi lebih sehat dan bugar.

Tidak mendapatkan relaksasi di akhir pekan
Selain mampu membersihkan badan, mandi ternyata juga mampu membuat pikiran kita menjadi jauh lebih tenang dan rileks. Bahkan, sebuah penelitian di Jepang menunjukkan fakta jika setelah kita mandi, kadar stress pada tubuh yang muncul karena berbagai tekanan dan kesibukan bisa menurun dengan signifikan. Andai kita malas mandi di akhir pekan, tentu kita akan melewatkan waktu terbaik untuk mendapatkan relaksasi setelah sepekan berjibaku dengan berbagai stress dan tekanan pekerjaan, bukan?

Aliran darah kurang lancar
Dengan mandi secara rutin di akhir pekan, kita akan membantu tubuh mendapatkan aliran darah yang semakin lancar sehingga berbagai organ tubuh bisa berfungsi secara optimal. Mandi juga akan membuat otot-otot menjadi lebih rileks sehingga kita pun akan lebih baik mengatasi rasa pegal-pegal. Andai kita malas mandi, kita tentu tidak akan mendapatkan kebaikan ini.

Baca Juga:  Jangan Lakukan Tips Diet Yang Salah Dan Kuno Berikut Ini

Sistem kekebalan tubuh tidak bekerja dengan optimal
Baik itu dengan air dingin maupun dengan air hangat, pakar kesehatan menyebutkan jika mandi bisa membantu kita meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sistem metabolisme tubuh. Andai kita rutin mandi meskipun di akhir pekan, hal ini tentu akan sangat baik bagi kesehatan tubuh kita secara keseluruhan.