Akfititas di Saat Tidur Yang Bisa Jadi Tanda Tubuh Tidak Sehat

DokterSehat.Com – Tidur akan membuat tubuh kita beristirahat dan melakukan “pengisian baterai” pada tubuh sehingga kita akan cukup bugar untuk melakukan banyak aktifitas keesokan harinya. Dengan tidur, banyak racun yang ada di dalam tubuh dinetralisir sehingga kita pun akan terhindar dari beragam penyakit. Setiap orang memiliki cara tidur yang berbeda-beda. Ada yang cenderung tenang dan tidak bergerak hingga bangun di pagi hari, namun ada juga yang sangat aktif dan berpindah-pindah posisi sepanjang malam. Tahukah anda, beberapa aktifitas di kala tidur ternyata bisa menjadi penanda tubuh kita mengalami masalah kesehatan.

doktersehat-tidur-mendengkur

Mendengkur adalah salah satu kegiatan yang paling umum dilakukan di kala tidur. Memang, tidak semua orang mengalami masalah mendengkur ini. Namun, jika ternyata kita mendengkur dengan sangat keras, bisa jadi tubuh kita memiliki resiko terkena masalah kardiovaskular layaknya penyakit stroke dengan sangat tinggi. Orang yang mendengkur biasanya akan terbangun dengan mulut yang sangat kering dan merasa lelah. Jika anda mengalami kondisi ini, ada baiknya anda segera memeriksakan kondisi tubuh anda ke dokter.

Beberapa orang tidur dengan sangat aktif dan bisa menendang begitu banyak barang layaknya bantal, guling, atau bahkan benda di dekat kasur. Bisa jadi aktifnya tubuh kita di waktu tidur disebabkan oleh gangguan Periodic Limb Movement Disorder atau yang berarti kaki kita cenderung bergerak dengan berlebihan di waktu tidur. Selain itu, jika kita juga kesulitan untuk tidur dengan posisi telentang, maka bisa jadi anda memiliki masalah yang disebut Upper Airway Resistance Syndrome atau sebuah kondisi dimana anda kesulitan bernafas pada posisi tidur telentang. Anda tentu harus memeriksakan kondisi ini pada dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga:  Sempat Mengalami Henti Nafas, Balita Penderita Kanker Paru Ini Akhirnya Mulai Pulih

Anda sering terbangun di tengah malam atau bahkan merasa sangat gerah di waktu bangun pagi? Bisa jadi tubuh anda memiliki masalah kesehatan. Mereka yang sering terbangun di tengah malam bisa disebabkan karena kondisi nocturia atau keinginan buang air kecil yang berlebihan di waktu tidur. Selain itu, jika kita mudah merasa gerah saat tertidur, bisa jadi tiroid dalam tubuh sedang bermasalah. Jika anda mengalami hal ini berulang-ulang dan cukup sering terjadi, ada baiknya anda segera memeriksakan kondisi tubuh anda ke dokter terdekat.