Akan Melakukan Perjalanan Dengan Naik Pesawat? Bawalah Bola Tenis

DokterSehat.Com – Banyak orang yang menghabiskan waktu akhir pekan dengan berlibur ke tempat yang jauh. Untuk mencapai tempat tersebut, perjalanan dengan pesawat tentu saja bisa dipilih karena tidak akan menghabiskan waktu terlalu lama. Meskipun pesawat sudah didesain sedemikian rupa agar menjadi tempat yang nyaman, dalam realitanya kita bisa mengalami pegal-pegal atau bahkan rasa nyeri pada beberapa bagian tubuh. Untuk mengatasi hal tersebut, pakar kesehatan menyarankan kita untuk membawa bola tenis selama perjalanan dengan pesawat.



Mengapa harus bola tenis? Pakar kesehatan Ali Ghoz yang berasal dari London Orthopedic Clinic baru-baru ini mengungkapkan fakta menarik mengapa kita harus membawa benda tersebut jika ingin melakukan penerbangan. Menurut beliau, saat kita menggunakan pesawat, kita bisa saja mengalami kondisi tidak enak pada tubuh, khususnya berupa nyeri sendi atau nyeri otot. Tak hanya itu, kaki yang membengkak atau punggung yang terasa nyeri ternyata bukanlah hal yang aneh untuk terjadi. Penerbangan yang dilakukan dalam waktu yang lama dan kecenderungan kita untuk tidak banyak bergerak bisa memicu berbagai masalah kesehatan tersebut.

Untuk mengatasinya, kita hanya perlu menekan bola tenis pada tubuh yang terasa pegal, tegang, atau nyeri saat berada di dalam pesawat. Tak disangka, hal ini ternyata bisa menurunkan rasa tegang atau nyeri pada bagian tubuh tersebut. Menurut Ghoz, bola tenis ternyata bisa memberikan efek pijatan yang akan melancarkan sirkulasi darah. Dengan aliran darah yang lebih lancar, maka rasa nyeri pun bisa dihilangkan.

Tak hanya membawa bola tenis, Ghoz menyarankan kita untuk memakai sepatu yang nyaman, menjaga tubuh terhidrasi dengan baik, dan juga kerap berdiri atau berjalan kaki di dalam pesawat agar tidak mudah mengalami rasa nyeri selama perjalanan.