Air Seni Anda Berbau Menyengat?

DokterSehat.Com – Sering kali kita merasa sudah melakukan pola makan dan gaya hidup yang sehat, namun ternyata kita masih mengalami masalah dalam kesehatan tubuh kita. Sebagai contoh, meskipun sudah makan dan minum secara teratur, tapi ternyata kita mendapati bahwa bau air seni yang kita keluarkan ternyata sangat menyengat. Bau yang menyengat ini tentu saja akan membuat kita bertanya-tanya apa yang terjadi dengan organ di dalam tubuh kita. Apakah ada organ tubuh yang tidak bekerja dengan baik sehingga air seni ini sangat berbau?



Banyak sekali kemungkinan yang membuat air seni berbau menyengat. Namun, kita bisa menduga ada masalah dalam saluran pembuangan air kotor atau pada area ginjal. Area pertama yang patut diduga menjadi penyebab masalah ini adalah adanya infeksi pada saluran kemih. Infeksi ini dapat membuat air seni menjadi lebih berwarna dan lebih berbau. Hanya saja, masalah ini cenderung lebih sering terjadi pada kaum wanita dibanding kaum pria. Infeksi pada saluran kemih kaum hawa juga bisa terjadi karena adanya bakteri vaginosis. Disamping bau yang menyengat pada air seni, area kelamin juga menjadi lebih mudah terasa gatal-gatal dan juga panas.

Kemungkinan lain dari adanya bau tidak sedap pada air seni adalah adanya gangguan metabolisme pada area hati dan juga ginjal. Sebagai contoh, karena gangguan metabolisme, maka tubuh pun menjadi susah utuk menyerap asam amino atau metionin sehingga air seni yang terbuang pun menjadi sangat menyengat. Selain itu, anda harus mengecek kembali apakah anda sudah meminum air dengan cukup pada hari ini? Air seni yang sangat menyengat ternyata bisa disebabkan oleh kondisi dehidrasi pada tubuh. Kondisi tubuh yang kekurangan cairan tentu saja akan membuat air seni yang cenderung pekat dan berbau amonia yang sangat menyengat.

Baca Juga:  Ingin Mencegah Kanker Paru? Rutinlah Mengkonsumsi Bawang Putih

Untuk mengatasi masalah air seni ini, kita bisa meminum air putih dengan jumlah yang cukup banyak sehingga berbagai zat beracun dan limbah di dalam tubuh pun ikut terbuang. Namun, jika anda merasa ada yang salah dengan saluran pembuangan air seni anda karena ada rasa panas atau sakit yang menyertai air seni berbau menyengat, ada baiknya anda memeriksakan hal ini ke dokter terdekat agar mendapatkan penanganan yang tepat.