Air Kurma, Cara Alami Atasi Konstipasi

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan yang cukup menyebalkan adalah konstipasi atau sembelit. Jika kita terkena masalah kesehatan ini, maka kita pun akan merasakan ketidaknyamanan pada perut namun tidak mampu buang air besar. Meskipun terlihat seperti penyakit yang sepele, dalam realitanya konstipasi tidak boleh dianggap remeh. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka konstipasi bisa memicu masalah yang lebih serius layaknya wasir atau bahkan tumor usus.

doktersehat-kurma-puasa-ramadhan

Untuk mengatasi konstipasi atau sembelit ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk memperbanyak asupan serat dari sayuran dan juga buah-buahan. Jika hal ini tidak kunjung mampu mengatasi masalah konstipasi yang kita derita, maka kita pun bisa mengkonsumsi obat pencahar. Selain itu, kita juga bisa menggunakan cara alami yang secara efektif mampu mengatasi sekaligus mencegah masalah konstipasi ini. Cara tersebut adalah dengan mengkonsumsi air kurma.

Buah yang pamornya naik pada saat bulan puasa tiba ini ternyata bisa dijadikan sebagai obat pencahar alami. Untuk membuat air kurma, kita hanya perlu merendam buah ini di dalam air matang selama semalam. Di pagi hari, kita tinggal meminum air rendaman kurma ini sekaligus mengkonsumsi buahnya. Tak perlu menunggu lama, kandungan kurma akan merangsang perut untuk segera buang air besar.

Menurut pakar kesehatan, kurma ternyata sangat kaya akan serat sehingga kotoran yang keras dan sulit untuk dikeluarkan akan menjadi lebih lembek. Kurma juga mampu merangsang sekresi pada enzim pencernaan sehingga membuat gerakan mendorong usus lebih baik. Karena alasan inilah buang air besar pun bisa semakin lancar setelah kita mengkonsumsi air kurma.

Jika kita termasuk sering mengalami konstipasi, cobalah untuk rutin mengkonsumsi air kurma ini setiap pagi demi mencegahnya. Tak hanya itu, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk rutin mengkonsumsi makanan dengan kadar gizi seimbang dan juga berolahraga. Tak hanya terbebas dari masalah konstipasi, saluran pencernaan kita juga akan semakin sehat karenanya.