Air Kencing Dipakai Untuk Mengatasi Jerawat, Kok Bisa?

DokterSehat.Com – Bagi banyak orang, jerawat adalah masalah kesehatan kulit yang sangat menyebalkan. Bagaimana tidak, andai satu saja jerawat muncul pada wajah, maka seluruh wajah seakan-akan langsung rusak penampilannya. Selain membuat penampilan wajah menjadi tidak maksimal, jerawat juga cenderung sulit untuk dihilangkan atau dicegah. Namun, baru-baru ini ada sebuah ide yang menyebutkan jika masalah jerawat sebenarnya bisa dihilangkan dengan cara yang cukup ekstrim, yakni dengan menggunakan air kencing. Bagaimana air kencing bisa mengatasi masalah jerawat?

doktersehat-flek-hitam-wajah-sinar-UV-jerawat-komedo

Meskipun terlihat sangat menjijikkan, penulis buku tips kecantikan bernama Martha Christy menyebutkan jika air kencing memang sangat efektif mengatasi jerawat dan menjadi obat perawatan kulit yang sangat baik. Menurut beliau, Ia telah menemukan beberapa bukti dan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa jerawat memang bisa diatasi dengan air kencing milik kita sendiri.

Menurut Christy, terapi dengan air kencing atau yang disebut sebagai urotherapy sudah dikenal sejak lama, yakni semenjak jaman China kuno, India kuno, dan Mesir kuno. Christy juga melanjutkan bahwa urine memiliki sifat anti bakteri dan juga anti jamur yang membuat kulit menjadi lebih baik dalam mengatasi jerawat dan mencegah berbagai masalah kesehatan kulit.

Lantas, bagaimana cara menggunakan air kencing untuk mengatasi jerawat? Christy menyebutkan jika caranya cukup mudah. Saat pagi hari, segera kumpulkan air kencing yang kita keluarkan pertama kali setelah bangun dan tempatkan pada suatu wadah. Ambil kain bersih dan kemudian basahi kain tersebut dengan air kencing. Setelah itu, gunakan kain tersebut untuk menutup bagian wajah layaknya masker dan tempatkan pada wajah selama sekitar setengah jam. Dengan rutin melakukannya, Christy menyebutkan jika berbagai masalah kesehatan layaknya jerawat, jamur kulit, hingga ruam-ruam akan segera enyah dari kecantikan wajah kita.