Air Kelapa Berkhasiat Bagi Kegiatan Olahraga

DokterSehat.Com – Air kelapa sudah dikenal luas sebagai salah satu minuman yang sangat baik bagi tubuh. Banyak orang yang menganjurkan wanita hamil untuk mengkonsumsi air kelapa karena dianggap sangat baik bagi kesehatan janin. Namun, tahukah anda jika air kelapa ternyata sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat kita melakukan kegiatan olahraga. Pakar kesehatan menyebutkan jika air kelapa mengandung berbagai nutrisi baik layaknya 470 miligram vitamin, 442 miligram kalium, dan berbagai kandungan mineral yang baik untuk diminum saat kita melakukan kegiatan fisik. Air kelapa juga terasa segar saat diminum, baik itu dalam kondisi dingin atau biasa saja. Yang menarik adalah, air kelapa sama sekali tidak memiliki kandungan gula tambahan sama sekali meskipun rasanya cenderung manis.

doktersehat-air-kelapa-untuk-ibu-hamil

Lantas, kapankah waktu yang tepat untuk mengkonsumsi air kelapa? Pakar kesehatan menyebutkan jika kita ingin melakukan latihan fisik dengan intensitas ringan, maka ini adalah waktu terbaik untuk meminumnya. Andai kita melakukan latihan fisik kurang dari waktu satu jam, kandungan air kelapa yang diminum sebelumnya akan mampu memberikan manfaat kekuatan bagi otot. Selain itu, air kelapa juga akan sangat baik dalam menggantikan kadar sodium di dalam tubuh yang biasanya berkurang drastis selama kita melakukan latihan fisik.

Sebagai informasi, andai kita melakukan olahraga selama satu jam, maka tubuh akan mengeluarkan keringat hingga satu liter dan ikut membuang sekitar 1.300 miligram sodium. Sodium sendiri adalah ion positif yang terdapat dalam darah, sel-sel, dan juga cairan tubuh. Fungsi dari kandungan sodium ini adalah menjaga kinerja otot-otot, organ jantung, jaringan otak, sistem pencernaan, dan juga membantuu menstabilkan tekanan darah bersama dengan kandungan mineral lain layaknya potassium. Andai jumlahnya dalam tubuh berkurang, tentu tubuh akan mengalami masalah, bukan?

Baca Juga:  Ada Baiknya Tidak Mencuci Muka di Pagi Hari Jika Kita Memiliki Wajah Berminyak

Dengan adanya air kelapa, maka kita pun bisa segera mengembalikan kadar sodium di dalam tubuh dan berbagai fungsi dan sistem pada tubuh akan kembali bekerja dengan baik.