Air Hujan Menyebabkan Penyakit? Jangan Salah, Manfaat Kesehatannya Banyak Kok

DokterSehat.Com– Setelah kemarau yang berlangsung cukup lama, kini sebagian wilayah di Indonesia mulai memasuki musim hujan. Bagi sebagian orang seperti petani, musim hujan bisa menjadi harapan baru untuk mendapatkan hasil panen tanaman yang melimpah. Namun, bagi sebagian orang lainnya, musim hujan dianggap sebagai masa dimana banyak penyakit berdatangan.

doktersehat-anak-kecil-hujan-main-playing-flu

Memang, air yang melimpah bisa membuat nyamuk semakin banyak. Tak hanya itu, suhu yang dingin juga bisa membuat kita mudah terkena flu, batuk, atau pilek. Namun, menurut pakar kesehatan, datangnya hujan juga bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan seperti sebagai berikut.

Udara menjadi lebih segar
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa datangnya hujan bisa membantu membersihkan udara dari berbagai polutan, zat beracun, dan debu yang berbahaya bagi kesehatan kita. Hal ini membuat udara saat atau setelah hujan cenderung lebih segar dan baik bagi paru-paru.

Membantu kesehatan kulit
Saat hujan tiba, udara menjadi cenderung lebih lembab dari biasanya. Hal ini ternyata berimbas pada kulit yang terjaga kelembabannya. Selain itu, beberapa jenis virus penyebab penyakit ternyata tidak bisa hidup di dalam kelembaban udara yang tinggi.

Hujan baik bagi psikologis
Banyak orang yang bisa menenangkan pikirannya sembari melihat hujan turun. Irama air hujan ternyata bisa membuat kita menghilangkan stress. Selain itu, bau tanah yang terkena air hujan atau petrichor telah terbukti bisa membuat pikiran lebih tenang. Bau petrichor ini dilepaskan oleh bakteri di dalam tanah atau tanaman tertentu saat terkena air hujan.

Air hujan memiliki sifat alkali
Tak usah khawatir berlebihan saat terpaksa hujan-hujanan. Air hujan memiliki sifat alkali atau basa yang jika diserap oleh tubuh, akan membantu proses detoksifikasi atau pembuangan racun dan meningkatkan fungsi saluran pencernaan. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa pH darah bisa semakin seimbang dan tubuh juga akan menurunkan kadar keasaman berkat air hujan ini.

Baca Juga:  Ini Alasan Mengapa Hujan Bisa Menenangkan Pikiran

Jadi, tak perlu takut dengan musim hujan, asalkan kita menjaga gaya hidup sehat, kita bisa semakin sehat dan menikmati kehidupan sehari-hari.