Air Garam Ternyata Juga Baik Untuk Kecantikan

DokterSehat.Com – Air garam seringkali digunakan untuk berkumur-kumur saat kita mengalami sakit atau radang tenggorokan. Tak disangka, air garam ternyata juga bisa memberikan manfaat lain, khususnya dalam merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Sebenarnya, apa sajakah manfaat air garam bagi kecantikan?

doktersehat-wanita-cantik-muka-wajah-make-up-cuci-sunblock

Mengatasi gatal-gatal dan jerawat
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa air garam ternyata kaya akan kandungan anti bakteri dan memiliki sifat alkali sehingga bisa dijadikan alternatif selain toner wajah. Dengan rutin membasuh kulit wajah dengan air garam, maka kita pun akan membantu menyeimbangkan produksi sebum atau minyak alami pada wajah. Sebagai informasi, produksi sebum yang berlebih mampu membuat kita mudah terkena jerawat.

Untuk menggunakannya, kita hanya perlu mencampurkan air dengan setengah sendok garam laut dan kemudian dipanaskan di atas kompor. Setelah air ini dingin, maka kita tinggal menggunakannya 30 detik setelah menggunakan pembersih wajah dan membasuhnya dengan air dingin. Setelah diusap secara merata, berikan jeda sekitar 5 atau 10 detik dan kemudian bisa kita usapkan kembali air garam ini berulang-ulang hingga sekitar 1 menit. Setelah itu, bilaslah wajah dengan air dingin sembari ditepuk-tepuk dengan handuk bersih. Kita juga bisa menambahkan pelembab yang oil free setelahnya agar kulit tidak kering.

Dijadikan scrub wajah
Air garam ternyata bisa membantu pengangkatan sel-sel kulit mati pada wajah jika digunakan sebagai scrub. Untuk menggunakannya, kita bisa menggunakan cuka sari apel dan menambahkan 1/8 cangkir garam. Tambahkan pula 1 sendok teh daun mint segar yang sudah dipotong-potong. Larutkan semua bahan hingga adonan ini mengental.

Adonan air garam ini kemudian bisa kita oleskan pada kulit wajah sembari dipijat hingga lembut. Kemudian, cucilah wajah hingga bersih dengan air hangat. Dengan rutin menggunakannya, maka kulit wajah akan menjadi lebih bersih, sehat, dan cantik.