Air Es Dapat Menurunkan Berat Badan. Benarkah???

DokterSehat.com– Banyak yang mengatakan bahwa minuman dingin atau air es, merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan obesitas. Indikasinya adalah dengan perut menjadi buncit. Semakin banyak mengkonsumsinya akan menyebabkan tubuh menjadi semakin gemuk. Apakah benar? Hal ini mungkin disimpulkan berdasarkan apa yang terjadi ketika makanan yang mulai dingin akan menampakkan lemaknya yang menggumpal, apalagi jika dimasukkan ke dalam kulkas.

12

Perbedaannya di sini adalah kulkas dengan tubuh manusia. Berbagai cairan yang masuk ke alam kulkas pastinya akan membeku, akan tetapi akan berbeda jika masuk ke dalam tubuh manusia. Sebalok es jika didiamkan dalam suhu ruangan saja pasti akan meleleh. Apalagi jika dimasukkan kedalam tubuh manusia yang memiliki suhu antara 36-37 C. Sepertinya tidak mungkin jika es trsebut mampu membekukan lemak.

Dengan logika yang sederhana, air es dengan suhu 0 C, masuk ke dalam tubuh yang bersuhu 37 Celcius. Dibutuhkan satu kalori untuk meningkatkan suhu satu gram air sebesar 1 Celsius. Jika mengkonsumsi air es sebanyak 400 gram atau 400 ml, tubuh kita harus meningkatkan suhunya dari 0 ke 37 C. Maka secara tidak langsung tubuh akan membakar kalori sebesar 14,800 kalori atau 14.8 Kalori (dalam satuannya).

Definisi kalori tersebut didasarkan pada peningkatan suhu air. Jadi dapat dikatakan bahwa tubuh membakar kalori ketika harus menaikkan suhu air es setara dengan suhu tubuh. Kesimpulannya bahwa air es yang kita konsumsi akan membakar kalori di dalam tubuh.

Dengan meminum delapan gelas air sehari atau 1,5 hingga 2 liter air yang telah direkomendasikan menurut kesehatan, untuk memanaskan semua air tersebut di sepanjang hari, tubuh akan membakar kalori 70.030 atau 70 Kalori. Dari waktu ke waktu konsumsi air air putih dingin pada kenyataanya dapat membakar kalori. Indikasinya dapat menurunkan berat badan. Meski hal ini bukanlah satu hal yang dapat dilakukan dalam melakukan terapi diet. Setidaknya imbangilah dengan berolahraga secara teratur. Perlu diingat pula bahwa air es tersebut tidak dicampurkan dengan berbagai jenis minuman yang manis.