Aichmo Phobia- Takut Pada Benda-Benda Tajam

DokterSehat.com- Setiap manusia memiliki rasa takut yang secara biologis merupakan mekanisme perlindungan bagi seseorang saat menghadapi bahaya. Perasaaan takut adalah emosi yang muncul ketika seseorang menghadapi suatu ancaman pada dirinya, baik secara fisik maupun mental. Munculnya perasaan ini, manusia dihadapkan pada peringatan serta ancaman yang menuntut untuk diperhatikan. Sehingga memunculkan pengendalian untuk membantu seseorang untuk menghindarkan diri dari bahaya dan mengatasinya. Ketika rasa takut tiba, sebagian orang mengalami rasa nyeri pada perut, telapak tangan berkeringat, jantung berdenyut kencang, malas bergerak, gagap biacara, dan lain-lain. Meski reaksi setiap orang berbeda-beda, namun ada reaksi lain yang berlebihan dan terkadang tidak masuk akal. Rasa takutnya pun sedemikian hebat yang tidak sebanding dengan penyebabnya. Hal inilah yang disebut dengan dengan phobia, yaitu raksi neurotik alami.

7

Emosi yang dialami pada rasa takut dan phobia tentunya berbeda. Phobia memiliki reaksi kecemasan yang tidak rasional terhadap suatu obyek atau situasi tertentu. Rasa takut pada phobia tidak seobjektif dan tidak sebanding dengan resiko jika menghadapi bahaya atau rangsangan tersebut. Misalnya phobia pada keramaian, ketinggian, air, badut, api, benda tajam, dan lain-lain.

Berbicara mengenai phobia benda tajam atau yang disebut dengan aichmo-phobia merupakan rasa takut ketika melihat benda yang tajam atau runcing, misalnya jarum, paku, pisau, dan benda tajam lainnya. Benda tajam tersebut serasa menakutkan ketika berada pada posisi digantungkan, atau berada pada posisi tegak atau berdiri atau dalam posisi teracungkan dan berada di dekatnya. Tidak hanya itu, orang yang mengalami phobia ini, juga akan merasa takut ketika menonton film yang bergenre thriller. Beberapa film berikut seperti Final Destination, Saw, Scream, Apocalipto, Hunger Game, dan film-film sejenis akan membuat aichmo-pobia mengalami ketakutan yang sangat. Maka dari itu, mereka sebisa mungkin untuk menghindarinya.