Agoraphobia

DokterSehat.com – Agoraphobia adalah ketakutan berada di tempat dimana bantuan tidak tersedia. Penderita agoraphobia selalu takut pada kerumunan atau menjadi penyendiri. Agoraphobia kadang berhubungan dengan kelainan ansietas lain, seperti gangguan panik atau phobia khusus. Jika terjadi gangguan panik, agrophobia selalu dimulai pada umur duapuluhan tahun. Perempuan lebih mudah mengalami agoraphobia ketimbang laki-laki.



Penyebab :

Para ahli tidak sepenuhnya yakin apa penyebab pasti agoraphobia. Akan tetapi sebagian besar percaya bahwa penyebab dari agoraphobia ialah faktor fisik dan psikologis.

Gejala :

Mengurung diri dalam rumah untuk beberapa saat, bergantung pada orang lain, takut sendiri, takut berada di tempat yang memungkinkan tidak bisa lari, dan tak berpengharapan.

Pengobatan :

Tujuan perawatan adalah untuk membantu penderita menjadi lebih mandiri dan pemberani. Keberhasilan perwatan selalu tergantung pada keakutan phobia. Desensitization sistematik adalah salah satu teknik yang digunakan untuk merawat phobia. Penderita diminta untuk rileks, membayangkan penyebab asietas, berjalan dari tempat yang kurang menakutkan sampai ke tempat yang paling menakutkan. Perawatan akan jauh lebih efektif ketika orang-orang di sekitar ikut membantu melepas ketakutan penderita.

Sumber : detikhealth.com