Agar Tidur Kita Nyenyak Tanpa Melalui Mimpi Buruk

DokterSehat.Com – Mengalami mimpi buruk saat tidur adalah hal yang sangat menyebalkan. Bagaimana tidak, kita bisa saja terbangun dengan kondisi sangat lelah atau bahkan dengan kondisi mood yang sangat buruk di pagi hari. Tak hanya itu, kita juga bisa terbangun di tengah malam sehingga akan menurunkan kualitas tidur kita. Banyak orang yang mengaku mengalami insomnia yang disebabkan karena seringnya mereka mengalami mimpi buruk. Apakah ada cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah datangnya mimpi buruk? Pakar tidur menyebutkan jika mimpi buruk ternyata bisa dicegah, namun, kita harus melakukan beberapa hal berikut sebelum kita tertidur.

doktersehat-tidur-wanita-ruangan-dingin-jantung

Rileks dan Berikan Sugesti Tidur Adalah Hal yang Menyenangkan
Mereka yang kerap mengalami mimpi buruk akan cenderung menganggap tidur sebagai hal yang menakutkan dan membuat stres. Alhasil, mereka pun akan mengalami masalah insomnia yang sangat parah. Padahal, tidur seharusnya menjadi hal yang sangat nyaman bagi tubuh mengingat kita akan membuat semua anggota badan lebih rileks dan beristirahat. Kita harus memberikan sugesti pada diri kita sendiri bahwa tidur adalah hal yang menyenangkan dan nyaman. Untuk mendapatkan perasaan tenang ini, kita bisa melakukan relaksasi dengan cara mandi agar badan menjadi terasa lebih bersih dan nyaman, membaca buku yang menenangkan, dan juga mendengarkan musik yang lembut sebelum kita merebahkan tubuh di atas Kasur.

Matikan Televisi
Tahukah anda jika acara televisi bisa ikut mempengaruhi munculnya mimpi buruk? Pakar kesehatan menyebutkan jika apa yang kita tonton bisa ikut mempengaruhi emosi kita sehingga mempengaruhi mimpi macam apa yang bisa kita dapatkan saat tidur. Karena alasan inilah ada baiknya kita mematikan televisi sebelum kita tertidur.

Baca Juga:  Minyak Zaitun, Bahan Alami Yang Bisa Menangangi Ketombe

Berhenti Makan Jauh Sebelum Kita Tidur
Andai kita makan, khususnya makan makanan berat sebelum tidur, kita justru akan membuat sistem pencernaan bekerja dengan sangat berat saat kita tertidur dan mengganggu sistem metabolisme tubuh. Hal ini ternyata berpengaruh besar pada aktivitas otak yang pada akhirnya membuat kita mudah terkena mimpi buruk.