Agar Tidak Tertular Difteri Akibat Terompet Tahun Baru, Lakukan Hal Ini

DokterSehat.Com– Belakangan ini masyarakat khawatir dengan terompet tahun baru yang diduga bisa menjadi media penularan difteri. Ketakutan ini membuat banyak penjual terompet tahun baru yang mengalami kerugian akibat kurang lakunya benda khas perayaan pergantian tahun ini. Hanya saja, jika anda ingin tetap merayakan tahun baru dengan terompet, pakar kesehatan ternyata memiliki beberapa tips agar tidak mudah terkena difteri.



Elizabeth Jane Soepardi, MPH, DSc yang merupakan Direktur Surveilans dan Kerantina Kesehatan Kementerian Kesehatan RI menyebutkan bahwa asalkan telah melakukan imunisasi lengkap PD3I yang mencakup difteri, maka kita sebenarnya sudah memiliki kekebalan fisik sehingga tidak akan muda tertular penyakit ini. Hanya saja, ada baiknya memang kita tidak menggunakan alat makan bersama dengan penderita difteri dan sebaiknya tidak menggunakan terompet tahun baru bersama dengan orang lain. Hal ini berarti, satu terompet hanya boleh ditiup satu orang, bukannya bergantian dengan orang lain.

Jika pada perayaan tahun baru sebelumnya, ada banyak orang yang dengan enteng meniup terompet secara bergantian. Mengingat penularan difteri bisa melalui air liur yang memang bisa saja menempel pada tempat peniupan terompat, ada baiknya memang kita tidak lagi melakukannya.

Memang, hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa memakai terompet bersama bisa menyebabkan penularan difteri mengingat hal ini juga berdasarkan asumsi semata. Namun, karena penularan difteri bisa lewat air liur, ada baiknya memang kita harus berhati-hati dalam menggunakannya. Selain itu, jika perlu, ada baiknya kita membeli terompet yang tidak perlu ditiup namun sudah bisa mengeluarkan bunyi yang juga sudah banyak tersedia di pasaran. Terompet ini tentu akan lebih aman untuk kita gunakan tanpa perlu khawatir akan tertular difteri.