Agar Tidak Terkena Masalah Pencernaan, Lakukan Hal-Hal Berikut

DokterSehat.Com – Banyak dari kita yang masih belum bisa melakukan pola makan yang sehat. Bagaimana tidak, kita mungkin sudah berusaha sebaik mungkin agar mengkonsumsi makanan dengan kadar gizi yang seimbang dengan nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sayangnya, sebagian besar masyarakat masih belum benar-benar mengetahui cara mengolah makanan yang sehat, atau bahkan cara makan yang benar. Padahal, kedua hal ini juga berpengaruh besar bagi kesehatan tubuh, khususnya bagi organ pencernaan. Untuk menghindari masalah pencernaan, kita sendiri bisa memperbaiki cara makan kita dengan lebih baik seperti sebagai berikut.

doktersehat-anak-makan

Pernahkah anda merasa perut anda terasa tidak nyaman layaknya kembung atau mengalami kenaikan asam lambung? Bisa jadi hal ini terjadi karena kita tidak memperhatikan waktu makan kita dengan benar. Banyak orang yang menyepelekan waktu makan dan pada akhirnya telat makan dan berimbas pada masalah pencernaan. Usahakan agar makan dengan waktu yang cenderung sama setiap hari agar tidak terkena masalah pencernaan.

Cara memakan makanan juga kerap kali disepelekan dimana ada banyak orang yang mengunyah makanan dengan sangat cepat dan terkesan terburu-buru. Pakar kesehatan menyebutkan jika cara makan ini sangat berbahaya dan bisa menimbulkan masalah kesehatan. Cobalah untuk makan dengan tenang dan perlahan sehingga sistem pencernaan pun bisa bekerja dengan maksimal. Selain itu, kunyahlah makanan dengan perlahan-lahan hingga lembut dengan potongan yang cenderung kecil.

Banyak orang yang menganggap jika buah-buahan yang merupakan pencuci mulut harus dikonsumsi setelah makan. Padahal, pakar kesehatan menyebutkan jika buah sebaiknya dikonsumsi satu jam setelah atau sebelum makan besar agar membantu pencernaan makanan yang lebih maksimal. Konsumsi buah-buahan yang tepat juga akan membantu kesehatan sistem pencernaan.