Agar Tidak Stress di Tempat Kerja, Bawa Saja Tanaman di Dalam Ruangan

DokterSehat.Com– Tak hanya dijadikan sebagai hiasan yang akan mempercantik kantor, tanaman hias atau bunga yang ditempatkan dalam pot ternyata terbukti bisa mengurangi tingkat stress dan mencegah datangnya penyakit pada para pekerja kantoran. Fakta ini terungkap dari penelitian yang dilakukan oleh Eddie van Etten dan Pierre Horwitz.



Dalam penelitian mereka, disebutkan bahwa gedung perkantoran, termasuk yang memiliki banyak lantai, cenderung mudah menyebarkan penyakit. Tak percaya? Satu saja pegawai kantor ada yang pilek, maka penyakit ini akan dengan cepat menular pada pegawai lainnya. Hal ini disebabkan oleh berkumpulnya banyak orang di dalam ruangan dalam waktu yang lama, sirkulasi udara yang buruk akibat dari penggunaan AC, hingga adanya bahan kimia yang bisa ditemukan di berbagai perabotan kantor.

Untungnya, dengan menempatkan pot-pot yang berisi tanaman hijau atau bunga di dalam kantor, maka udara di dalam ruangan akan bisa dibersihkan dengan lebih baik. Tak hanya itu, adanya pemandangan hijau dan alami dari tanaman tersebut juga akan membantu kita mengusir stress dan kepenatan sehingga para pekerja tidak mudah jatuh sakit.

Dalam penelitiannya, van Etten dan Horwitz menyebutkan bahwa tanaman di dalam ruangan kantor mampu membersihkan berbagai patogen dan bakteri di dalam udara kantor. Bahkan, beberapa bahan kimia berbahaya yang kerap ditemui di berbagai peralatan perkantoran seperti formaldehida, benzene, ammonia, xilena, dan lain sebagainya juga bisaditekan dengan signifikan.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kini kita mulai menempatkan beberapa jenis tanaman atau bunga di dalam ruangan perkantoran demi menghilangkan berbagai hal yang buruk bagi kesehatan tersebut. Hanya saja, jangan lupa untuk menempatkannya di dekat jendela agar bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup dan selalu menyiramnya dengan air setiap hari agar tidak layu.