Agar Tidak Mudah Terkena Gatal-Gatal di Malam Hari

DokterSehat.Com – Pernahkah anda merasa kulit terasa tidak nyaman di malam hari dimana gatal-gatal tiba-tiba muncul di beberapa bagian tubuh? Hal ini tentu akan membuat waktu istirahat kita menjadi sangat terganggu. Memang, dalam beberapa kasus gatal-gatal ini bisa segera mereda dengan sendirinya setelah kita memberikan salep atau bedak. Namun, bagaimana jika gatal-gatal ini terus muncul dan bahkan menyebar di seluruh tubuh?

shutterstock_220201102 copy

Pakar kesehatan menyebutkan jika ada beberapa jenis penyebab dari gatal-gatal yang cenderung muncul di malam hari. Sebagai contoh, adanya kondisi kulit layaknya psoriasis atau atopic dermatitis. Namun dalam beberapa kasus, kondisi gagal ginjal yang sangat berbahaya juga bisa menjadi pemicu adanya masalah ini. Selain itu, penyebab gatal-gatal juga bisa disebabkan oleh adanya perubahan pada jam biologis tubuh atau ritme circadian tubuh dimana tubuh mengalami perubahan hormon. Penyebabnya bisa terjadi karena kita makan atau meminum sesuati yang bisa membuat tubuh mengalami perubahan hormon dan memicu gatal-gatal di malam hari.

Untuk mengatasi hal ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk melakukan berbagai penyesuaian di waktu malam hari. Sebagai contoh, kita bisa mandi sebelum tidur sehingga tubuh pun akan menjadi lebih rileks, tidak kotor, dan terbebas dari berbagai bakteri. Saat mandi sendiri bisa dilakukan dengan memakai sabun anti bakteri dan memakai bau yang bisa membuat pikiran kita menjadi lebih rileks. Setelah mandi, gunakan pakaian yang cenderung nyaman dan tipis sehingga kulit pun berada dalam kondisi yang nyaman dan tidak mudah berkeringat.

Jika diperlukan, kita bisa mengganti sprei kasur atau sarung bantal dan guling jika sudah cukup lama dipakai. Selain itu, kita juga bisa memakai pendingin ruangan sehingga kondisi tempat tidur pun menjadi lebih nyaman dan sejuk. Satu hal yang pasti, pastikan bahwa ruangan berada dalam kondisi yang bersih sehingga resiko adanya kotoran atau debu yang bisa memicu gatal-gatal pun bisa dihindari.