Agar Tidak Mudah Mengalami Nyeri Punggung, Perhatikan Postur Tubuh Berikut

DokterSehat.Com – Nyeri punggung kerap kali dikaitkan dengan pekerjaan yang berat atau kondisi dimana tubuh merasa terlalu lelah sehingga membutuhkan pemijatan atau waktu istirahat yang lebih baik. Padahal, nyeri punggung sebenarnya lebih sering terjadi karena postur tubuh yang kurang baik. Posisi berdiri yang salah atau bahkan posisi duduk yang terlalu lama dan berada dalam postur yang tidak sehat bisa memicu resiko terkena nyeri punggung dengan lebih besar. Berikut adalah beberapa postur tubuh yang akan mudah terkena masalah nyeri punggung.

doktersehat-punggung-sakit-pinggang-tulang-belakang-hernia

Berat badan atau bahkan ukuran payudara yang terlalu besar bagi wanita kerap kali disalahkan sebagai penyebab utama rasa nyeri pada punggung. Meskipun memiliki peran, ternyata kedua hal tersebut tidak benar-benar terlibat dalam menyebabkan rasa nyeri pada punggung. Cobalah anda melihat postur tubuh anda saat berdiri. Jika anda berdiri dengan posisi kepala yang maju ke depan, maka tubuh mengalami kerentanan terkena masalah nyeri punggung. Selain itu, jika anda juga cenderung berdiri atau duduk dalam kondisi bungkuk atau bahkan terlalu tegap juga memiliki resiko terkena nyeri punggung cukup besar karena punggung berada dalam posisi yang tidak nyaman dalam waktu yang sangat lama.

Beberapa survei tentang nyeri punggung dilakukan pada kaum hawa dan menunjukkan hasil dimana wanita yang berdiri dengan postur kepala yang maju ke depan ternyata mengalami resiko terkena rasa nyeri punggung sangat besar, bahkan lebih dari 50 persen. Disamping itu, mereka yang cenderung berposisi bungkuk juga memiliki resiko yang sangat besar terkena nyeri punggung. Hanya saja, jika kita memiliki postur yang tegap, namun tidak terlalu tegap hingga dada membusung ke depan maka resiko mendapatkan nyeri punggung akan jauh lebih berkurang.

Baca Juga:  Cara Mengobati Luka Bakar Secara Alami

Saat anda berdiri, berjalan, atau bahkan duduk untuk melakukan pekerjaan, pastikan tubuh berada dalam postur yang baik. Jangan paksakan punggung untuk terlalu melengkung atau terlalu tegap dengan dada membusung karena bisa menyakiti tulang punggung. Gunakan posisi berdiri atau duduk yang membuat tulang punggung terasa nyaman dan tidak terbebani. Jangan pula bebani punggung dengan barang yang sangat berat karena bisa membuat punggung terasa nyeri.