Agar Tidak Kehilangan Kenikmatan Seksual, Lakukan Tips Memilih Kondom Berikut Ini

DokterSehat.Com– Tak hanya bisa mencegah kehamilan, kondom juga bisa mencegah penularan berbagai penyakit seksual. Hanya saja, cukup banyak pasangan yang mengaku kurang nyaman saat memakai kondom saat berhubungan intim. Padahal, menurut pakar kesehatan dr. Heru Oentoeng, ada tips yang bisa kita lakukan saat memilih kondom agar aman dan nyaman saat dipakai untuk berhubungan intim.

doktersehat-kondom-seks-seksualitas-seks

Menurut dr. Oentoeng, ada 3 hal yang harus diperhatikan saat memilih kondom; yakni ukuran kondom yang pas dan nyaman saat dipakai sehingga tidak mudah lepas atau bocor, kualitas kondom, serta kesensitifitasan kondom yang tidak akan membuat kita kehilangan sensasi kenikmatan berhubungan intim. Selain itu, ada beberapa hal lain yang juga perlu kita perhatikan saat memilih dan memakai kondom seperti sebagai berikut.

Pilih yang berbahan lateks
Terdapat dua jenis bahan kondom, yakni lateks dan sintetis. Meskipun keduanya memiliki kelebihan tersendiri, dr. Oentoeng menyarankan kita untuk menggunakan kondom berbahan lateks yang lebih baik dalam mencegah penularan berbagai penyakit seksual.

Selalu mengecek tanggal kadaluwarsa
Kondom ternyata memiliki tanggal kadaluwarsa sehingga sebaiknya selalu kita cek sebelum dibeli. Jika kita memakai kondom yang kadaluwarsa, bisa jadi kondom akan sobek atau bocor saat dipakai untuk bercinta.

Memasang kondom dengan benar
Pastikan untuk memasang kondom ini dengan pas agar tidak lepas dan tertinggal di organ vital wanita.

Jika perlu, gunakan pelumas
Beberapa jenis pelumas seperti lubricant gel yang berkualitas baik lebih disarankan untuk dipakai saat bercinta jika dibandingkan dengan baby oil atau hand body yang bisa merusak kondom.

Lepas kondom dengan benar dan segera buang di tempat sampah
Berhati-hatilah saat melepas kondom karena bisa jadi kondom dan sperma yang tertinggal di dalamnya tersangkut di organ vital wanita.