Agar Tidak Gemuk, Jangan Lakukan Hal Ini Saat Berbuka Puasa

DokterSehat.Com – Meskipun tidak makan dan minum selama berpuasa di siang hari, dalam realitanya cukup banyak orang yang mengalami kenaikan berat badan di bulan puasa. Pakar kesehatan berkata jika kenaikan berat badan ini disebabkan oleh kebiasaan yang kurang sehat saat kita berbuka puasa. Seperti apakah kebiasaan buruk tersebut?

doktersehat-makanan-manis-gula

Makan dengan porsi yang besar
Kebanyakan orang akan cenderung lebih aktif di siang hari dibandingkan dengan saat malam hari. Hal ini berarti, kita membutuhkan energi yang lebih sedikit di malam hari sebelum beranjak tidur. Sayangnya, hal ini ternyata tidak disadari oleh kebanyakan orang yang berpuasa. Memang, karena tidak mendapatkan asupan makanan apapun seharian, kita akan merasa sangat lapar saat berbuka puasa. Namun, bukan berarti kita menuruti rasa lapar ini dan langsung mengkonsumsi makanan dengan porsi yang besar saat berbuka puasa. Jika kita mengkonsumsi makanan dengan berlebihan, saluran pencernaan justru tidak mampu mencerna makanan dengan baik dan pada akhirnya hanya menyebabkan tumpukan kalori yang akan berubah menjadi tambahan lemak pada tubuh.

Terlalu banyak makan karbohidrat
Banyak orang yang tidak memperhatikan apa saja yang mereka makan saat berbuka puasa. Sebagai contoh, kita mengkonsumsi minuman atau camilan yang manis, lalu dilanjutkan dengan roti, dan kemudian makan besar dengan nasi. Banyaknya asupan karbohidrat ini membuat kadar gula dalam darah akan meningkat dan pada akhirnya memicu penumpukan kalori sekaligus menaikkan berat badan.

Mengkonsumsi kopi atau minuman berkafein lainnya
Bagi pecinta kopi, satu-satunya waktu menikmati kopi tentu saja adalah di malam hari. Sayangnya, minuman berkafein akan membuat kita sulit untuk tidur. Padahal, kita membutuhkan waktu tidur yang cukup untuk menjaga berat badan tetap ideal. Ada baiknya kita tidak berlebihan mengkonsumsinya agar tidak menaikkan berat badan.

Makan sebelum tidur malam
Banyak orang yang terbiasa mengkonsumsi camilan atau bahkan makan lagi sebelum tidur karena berpikir jika saat siang hari, mereka tidak bisa menikmati makanan secara leluasa. Sayangnya, kebiasaan ini bisa membuat berat badan mudah naik.