Agar Tidak Cedera Saat Berolahraga, Perhatikan Hal Ini

doktersehat-cedera-olahraga-keseleo-kaki

DokterSehat.Com– Meskipun sangat baik bagi kesehatan tubuh, berolahraga bisa membuat kita beresiko mengalami cedera, khususnya jika kita tidak berhati-hati saat melakukannya. Menurut pakar kesehatan dan olahraga bernama Gerald Varlotta yang berasal dari New York University’s Hospital, seringkali cedera karena berolahraga ini disebabkan oleh memaksakan diri meski tubuh sudah merasa lelah, memilih olahraga yang beresiko, atau kurang pemanasan. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan demi mencegah datangnya cedera.

Memilih olahraga yang tepat
Setiap orang memiliki kecocokan olahraga yang berbeda-beda. Sebagai contoh, orang tua tentu akan kesulitan untuk melakukan olahraga intensitas tinggi. Selain itu, mereka yang pernah cedera tentu kurang cocok untuk melakukan angkat beban. Ketahui seperti apa kemampuan tubuh kita dan lakukan olahraga yang cocok dan aman untuk kita lakukan. Ingat, kunci mendapatkan manfaat olahraga dengan maksimal adalah rutin melakukannya, bukan sekeras apa olahraga yang kita lakukan.

Memakai peralatan olahraga yang tepat
Gunakan peralatan yang aman saat berolahraga agar kita tidak mudah terjatuh atau cedera. Sebagai contoh, berlarilah dengan sepatu yang cocok, bukannya dengan sandal jepit yang tidak melindungi kaki dengan baik.

Selalu melakukan pemanasan dan pendinginan
Dengan melakukan pemanasan, maka sirkulasi darah akan menjadi lebih lancar dan otot-otot akan menjadi lebih lemas sebelum dipakai untuk melakukan aktifitas fisik yang berat. Sementara itu, pendinginan akan membantu proses pemulihan otot dengan baik.

Jangan dilakukan dengan berlebihan
Jangan memaksakan diri saat tubuh sudah merasa lelah. Beri jeda diantara hari-hari saat melakukan olahraga agar tubuh bisa beristirahat dan memulihkan diri. Dengan tubuh yang selalu bugar, olahraga pun bisa dilakukan dengan maksimal.

Minum air dengan cukup
Kurang minum akan memicu dehidrasi. Padahal, hal ini bisa menurunkan konsentrasi sehingga resiko terkena kecelakaan atau cedera meningkat.

Jika perlu, mintalah petunjuk dari ahlinya
Jika anda pergi ke pusat kebugaran, jangan ragu untuk bertanya pada trainer agar kita tidak salah memakai peralatan olahraga sehingga mencegah datangnya cedera.