Agar Tetap Sehat Meskipun Hidup di Lingkungan Berpolusi

DokterSehat.Com – Tidak semua orang mendapatkan kemewahan untuk tinggal di lingkungan yang aman, bersih, dan sehat. Di Indonesia sendiri, sebagian masyarakatnya masih tinggal di area yang miskin dan cenderung kumuh. Di Kota-kota besar sendiri, kita akan dengan mudah menemukan masyarakat yang tinggal di area yang penuh polusi, khususnya dari polusi kendaraan bermotor atau bahkan polusi industri. Masyarakat yang tinggal di area ini tentu akan berpotensi mendapatkan masalah kesehatan. Lantas, adakah cara agar mereka bisa hidup dengan sehat meskipun tinggal di lingkungan berpolusi?

doktersehat-bernafas-dalam

Meskipun terlihat tidak berkaitan, namun pakar kesehatan menyebutkan jika memperbaiki pola makan akan sangat berpengaruh pada kesehatan orang yang tinggal di lingkungan berpolusi. Dengan banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, maka kita pun akan memiliki tubuh yang memiliki saringan yang kuat dalam melawan berbagai radikal bebas dan polusi. Biasanya, makanan dari bahan buah-buahan atau sayuran segar sangatlah baik untuk dikonsumsi setiap hari demi sistem kekebalan tubuh yang lebih baik. Selain itu, sering-seringlah mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C dan magnesium mengingat nutrisi ini ternyata mampu melindungi paru-paru dari penyakit asma maupun bronkitis.

Jika kita sering terpapar polusi udara dari perjalanan setiap hari, khususnya dari emisi gas buang kendaraan bermotor, cobalah untuk sering memakai masker yang bisa melindungi kita dari polusi udara. Selain itu, pakaian yang rapat juga bisa memberikan perlindungan maksimal bagi tubuh kita dari berbagai radikal bebas dan polusi.

Cara terakhir untuk menjaga kesehatan jika kita tinggal di lingkungan berpolusi adalah dengan sering berlibur ke alam hijau layaknya perbukitan atau pegunungan. Dengan berlibur ke alam, kita akan memberikan kesempatan bagi tubuh untuk menikmati udara yang segar dan bebas dari polusi. Selain itu, alam hijau juga bisa membuat kita melupakan berbagai stress dan pikiran negatif yang tentu akan berimbas baik bagi kesehatan tubuh secara umum.