Agar Tak Sampai Mengalami Komplikasi, Penderita Diabetes Melitus Harus Melakukan Ini

Penyakit diabetes melitus adalah penyakit gangguan kadar gula darah.

DokterSehat.Com– Salah satu penyakit yang paling berbahaya dan telah memakan jutaan korban jiwa adalah diabetes mellitus. Penderitanya harus berhati-hati dalam menjalankan gaya hidup karena jika tidak, maka mereka bisa mengalami komplikasi yang bisa membahayakan nyawa. Berikut adalah beberapa cara yang harus dilakukan penderita diabetes agar tidak sampai terkena komplikasi.

Menjaga pola makan
Satu hal yang harus benar-benar dicermati oleh penderita diabetes adalah pola makan harian. Hal pertama yang harus dihindari adalah makan dengan berlebihan. Selain itu, penderita diabetes sebaiknya memilih karbohidrat kompleks seperti beras merah, oatmeal, roti gandum, dan menghindari makanan dengan lemak jahat seperti yang bisa ditemukan pada junk food, ayam goreng, kentang goreng, dan gorengan. Makanan-makanan manis juga sebaiknya tidak lagi dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Rajin berolahraga
Banyak penderita diabetes yang khawatir untuk berolahraga karena berpikir jika kegiatannya ini bisa menyebabkan cedera atau luka yang sulit untuk disembuhkan. Padahal, pakar kesehatan menyarankan penderita diabetes untuk berolahraga secara rutin agar berat badannya mampu dijaga tetap ideal.

Penderita diabetes sangatlah direkomendasikan untuk berolahraga 5 kali dalam sepekan dengan durasi setidaknya setengah jam. Olahraga yang cukup aman untuk mereka lakukan adalah berjalan kaki di pagi hari atau berenang.

Memperhatikan kadar gula darah
Kadar gula darah penderita diabetes harus benar-benar dicek secara rutin karena jika sampai tidak terkontrol, maka dikhawatirkan hal ini bisa memicu komplikasi. Sebagai contoh, komplikasi yang berbahaya adalah luka yang tidak bisa disembuhkan sehingga akhirnya menyebabkan amputasi. Komplikasi diabetes lain adalah kerusakan pada organ-organ dalam yang tentu bisa membahayakan nyawa.

Dengan memperhatikan berbagai hal tersebut, penderita diabetes bisa tetap hidup dengan kondisi sehat dan tidak terkena komplikasi yang berbahaya.