Agar Pria Bisa Panjang Umur, Lakukan Hal-Hal Berikut

DokterSehat.Com – Ada sebuah kelakar yang menyebutkan jika usia pria cenderung lebih pendek dibandingkan dengan wanita karena pria jauh lebih tidak peduli akan kondisi kesehatannya. Selain lebih kerap melakukan aksi yang berbahaya, banyak pria yang cenderung malas menjaga kondisi kesehatan dan bahkan malas berobat andai mereka jatuh sakit. Padahal, semua orang tentu berharap memiliki umur yang panjang, bukan? Sebenarnya, apa sajakah yang bisa dilakukan oleh pria yang ingin berumur panjang?

doktersehat-pria-makanan-bergizi-sehat-sayur-buah-bahagia-diet-sindrom-metabolik

Konsumsi Sayur dan Buah-Buahan
Pakar kesehatan Robert Butler, MD, dari Mt Sinai School of Medicine di New York, Amerika Serikat, menyebutkan jika pria harus memperbaiki pola makannya menjadi sehat jika mereka ingin lebih sehat dan panjang umur. Setidaknya, setiap harinya pria harus mengkonsumsi lima porsi buah-buahan dan sayuran. Dengan konsumsi buah dan sayuran yang cukup, maka tubuh pria akan tercukupi kebutuhan vitamin dan berbagai nutrisi lainnya yang bisa membuat sistem kekebalan tubuhnya menjadi lebih kuat sehingga tidak mudah terkena penyakit.

Hidup Aktif
Banyak pria yang mengaku tak punya waktu untuk berolahraga karena kesibukan pekerjaan dan berbagai urusan lainnya. Hal inilah yang menyebabkan banyak pria terkena penyakit berbahaya. Cobalah untuk lebih baik dalam menata jadwal, khususnya di akhir pekan sehingga ada waktu yang bisa disempatkan untuk melakukan olahraga layaknya jalan cepat, jogging, atau bahkan pergi ke pusat kebugaran. Tak hanya itu, cobalah untuk berlibur jika ada kesempatan karena dengan pikiran yang terbebas dari stress, tubuh juga akan menjadi lebih sehat.

Hindari Alkohol dan Rokok
Alkohol kerap kali ditenggak pria saat mengalami stress atau bahkan hanya sekadar untuk bercengkerama dengan kawan-kawan. Padahal, konsumsi alkohol terlalu banyak bisa membuat penyakit berbahaya bagi tubuh. Hal yang sama juga diterapkan pada rokok dimana pria harus sebisa mungkin menghindari barang beracun ini demi kesehatannya.

Baca Juga:  Keracunan Sianida bisa Mengenai Siapa Saja, Ini Dia Ciri-Cirinya

Seks Sehat
Butler menyebutkan jika salah satu kunci pria menjaga kesehatannya adalah dengan mendapatkan kehidupan seks yang sehat dengan pasangannya. Pria yang menikah dan mendapatkan kehidupan seks yang baik akan cenderung berumur lebih panjang karena merasa berbahagia.