Agar Perut Tidak Kembung Saat Sarapan Pagi

DokterSehat.Com – Sarapan pagi adalah salah satu hal yang sebaiknya dilakukan oleh semua orang setiap hari. Dengan melakukan sarapan pagi, kita akan mendapatkan asupan energi yang berasal dari makanan yang kita konsumsi dan tubuh kita pun akan siap melakukan banyak hal sepanjang hari. Tahukah anda, beberapa orang ternyata memilih untuk tidak melakukan sarapan pagi karena rasa malas atau bahkan karena merasakan perut mereka kembung setelah sarapan pagi. Perut yang kembung setelah makan tentu akan sangat tidak nyaman apalagi jika kondisi ini bertahan hingga siang hari. Apa saja penyebab masalah perut kembung setelah sarapan ini?

doktersehat-detoks-detoksifikasi

Pemilihan makanan biasanya menjadi faktor penyebab utama mengapa perut bisa kembung setelah sarapan. Selain itu, tubuh yang kurang bergerak dan ditambah dengan konsumsi obat tertentu ternyata juga bisa menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut setelah sarapan pagi. Jika anda tidak ingin merasakan perut kembung setelah sarapan, anda bisa mencoba untuk memperbaiki pola makan anda agar lebih baik.

Hal pertama yang anda bisa lakukan untuk mencegah kembung setelah sarapan adalah memilih makanan yang cocok untuk anda konsumsi. Cobalah makanan yang kaya akan serat untuk sarapan anda. Makanan yang kaya serat jelas akan membuat sistem pencernaan menjadi lebih sehat dan lebih lancar sehingga perut pun tidak akan mudah terkena masalah kembung. Saat kita memakan sarapan, cobalah untuk melakukannya dengan tidak tergesa-gesa. Ambil waktu yang cukup untuk anda melakukan sarapan dan kunyahlah makanan lebih lama dari kebiasaan anda. Dengan mengunyah lebih lama, maka makanan pun akan menjadi lebih lembut dan sistem pencernaan pun akan semakin mudah untuk mencernanya sehingga perut pun tidak akan mudah terkena masalah perut kembung.

Baca Juga:  Tanda Gigi Bayi Akan Tumbuh

Jika anda terkena stress, baik itu karena masalah kehidupan atau karena masalah pekerjaan, ternyata bisa memicu masalah perut kembung setelah sarapan. Stress bisa memicu masalah pada sistem pencernaan layaknya gangguan produksi enzim pencernaan atau bahkan proses pencernaan yang jauh lebih lambat. Hal ini berarti, jika anda tidak mampu mengendalikan stress anda, maka anda pun akan mudah terkena masalah perut kembung setelah sarapan.