Agar Perkembangan Otak Janin Maksimal, Ibu Hamil Sebaiknya Melakukan Hal Berikut

DokterSehat.Com – Selain perkembangan fisik dan kesehatan janin, ibu hamil juga harus memastikan perkembangan otak sang buah hati di dalam kandungan berjalan dengan maksimal karena akan menentukan kecerdasan anak setelah dilahirkan nantinya. Untuk memastikannya, ada baiknya ibu hamil mulai rutin melakukan hal-hal seperti sebagai berikut.

doktersehat-kehamilan-hamil

Stimulasi sentuhan
Saat kehamilan sudah mencapai usia 8 pekan, bayi ternyata mulai sensitif dengan berbagai sentuhan yang ada pada perut bayi. Semenjak usia kehamilan ini, ada baiknya kita mulai kerap menyentuh area perut yang ternyata bisa menstimulasi bayi sehingga Ia pun akan menendang balik sentuhan kita. Meskipun terlihat sederhana, sentuhan pada perut ini ternyata bisa membuat bayi menjadi lebih rileks, lebih tentram, dan berpengaruh besar pada perkembangan otaknya.

Musik
Sudah menjadi rahasia umum jika musik bisa membuat perkembangan otak bayi di dalam kandungan menjadi jauh lebih baik. Pakar kesehatan menyarankan kita mendengarkan musik yang bisa membuat pikiran menjadi lebih santai, tenang, dan bahagia. Dengan rutin mendengarkannya, maka kemampuan berbahasa bayi setelah terlahir akan menjadi lebih baik.

Membaca buku
Banyak ibu hamil yang menghabiskan waktu membaca buku agar tidak merasa bosan. Beruntung, pakar kesehatan menyebutkan jika andai ibu hamil rutin membaca buku di malam hari, maka perkembangan kekuatan otak bayi menjadi lebih baik. Dengan melakukan hal ini, ibu juga akan mengeluarkan hormon-hormon positif yang akan membuat kinerja otak janin meningkat dengan signifikan.

Menikmati sinar matahari
Ibu hamil sebaiknya rutin menikmati sinar matahari pagi setidaknya 20 menit karena akan membuat mereka mendapatkan rasa rileks sekaligus vitamin D yang akan sangat baik bagi perkembangan tulang dan sistem kekebalan tubuh sang buah hati. Selain itu, sinar matahari juga berpengaruh positif bagi perkembangan otak janin.

Baca Juga:  Smoothie Pisang, Sarapan Nikmat Bagi Trimester Pertama Kehamilan

Berpikir positif
Pakar kesehatan menyebutkan jika ibu hamil yang selalu berpikir positif akan membuat perkembangan otak bayi juga tetap dalam jalur yang positif.