Agar Pekerjaan Kantoran Tidak Memicu Kegemukan

DokterSehat.Com – Banyak orang awam yang menganggap pekerjaan kantoran sebagai pekerjaan impian. Bagaimana tidak, selain tidak banyak menggunakan tenaga, pekerja kantoran akan terkesan hanya duduk seharian dan menatap meja kerja atau layar komputer untuk menyelesaikan tugasnya. Sayangnya, dibalik kesan enak dan nyaman dari pekerjaan kantoran ini, terdapat banyak sekali bahaya kesehatan yang mengintai, khususnya masalah obesitas. Pekerjaan kantoran ternyata bisa membuat kita menjadi kurang bergerak, mudah bosan, dan pada akhirnya meningkatkan keinginan untuk ngemil. Hasilnya? Tentu saja berat badan kita bisa bertambah dengan pesat.

doktersehat-gemuk-gendut-obesitas

Agar pekerjaan kantoran kita tidak memicu masalah kegemukan, kita tentu harus lebih pandai dalam melakukan aktifitas kerja sehari-hari dan menata camilan saat bekerja. Sebagai contoh, karena pekerja kantoran memiliki resiko kurang bergerak dalam waktu yang lama, maka kita kini bisa mulai bergerak setidaknya sekali dalam satu atau dua jam meskipun hanya untuk mengambil air minum atau buang air kecil. Jika perlu, cobalah untuk menghirup udara segar yang bisa membuat konsentrasi kerja kembali dan keinginan ngemil berkuarng.

Menata camilan di kantor mungkin akan menjadi hal yang agak repot. Namun, demi tubuh yang terbebas dari masalah obesitas, hal ini memang sebaiknya dilakukan. Alih-alih mengkonsumsi snack tidak sehat, cobalah untuk membawa snack yang terbuat dari buah yang dibawa sendiri dari rumah. Anda tentu akan mengurangi asupan gula dan lemak berlebihan dengan mengkonsumsi snack ini. Selain itu, cobalah untuk tidak mengkonsumsi junk food ataupun minuman bersoda selama jam kerja.

Meskipun terlihat sepele, kebiasaan lembur ternyata juga ikut berimbas pada semakin mudahnya pekerja kantoran mengalami obesitas. Banyak pekerja yang lembur pada akhirnya memakan lebih banyak camilan tidak sehat dan karena tubuh kekurangan waktu istirahat, maka sistem metabolisme tubuh tidak benar-benar bekerja dengan baik sehingga pada akhirnya kita bisa mengalami lonjakan berat badan yang berlebihan. Dengan adanya fakta ini, ada baiknya kita memang menghindari kerja lembur dan menyelesaikan tugas sesuai dengan jam kerja saja.