Agar Payudara Sehat, Wanita Sebaiknya Memperbanyak Asupan Sayuran Hijau

DokterSehat.Com – Setiap wanita tentu mendambakan tubuh yang cantik dan sehat. Karena alasan inilah mereka melakukan perawatan pada bagian-bagian tubuh layaknya wajah, kulit, atau bahkan bagian payudara. Merawat payudara adalah hal yang cukup sulit dilakukan mengingat ada banyak yang harus diperhatikan, dari itu memilih bra, mengatur waktu memilih bra, atau bahkan dalam hal mengatur pola makanan. Sebenarnya, apa sajakah makanan yang sebaiknya dikonsumsi wanita untuk menjaga payudaranya?

doktersehat-bentuk-payudara-wanita-seksi-seks-berenang

Salah satu kunci menjaga payudara agar tetap sehat adalah dengan menjaga keseimbangan hormon estrogen dan progesteron. Kedua hormon ini akan memiliki peran besar dalam reproduksi wanita, fase kehamilan, hingga produksi ASI. Untuk menjaga keseimbangan kedua hormon tersebut, ada baiknya kita mulai mengkonsumsi makanan yang kaya akan senyawa phytoestrogen, semacam senyawa yang mirip dengan hormon estrogen sehingga tubuh pun akan lebih baik dalam menjaga kesehatan payudara.

Lantas, darimana kita bisa mendapatkan makanan yang kaya akan senyawa phytoestrogen? Pakar kesehatan menyebutkan jika sayuran hijau, buah-buahan tertentu, dan kacang-kacangan atau polong-polongan ternyata kaya akan kandungan senyawa ini sehingga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi kaum wanita. Selain itu, kita juga bisa mengkonsumsi daging unggas yang diyakini mampu memperbaiki produksi hormon estrogen pada tubuh wanita layaknya daging ayam, daging burung, dan daging bebek.

Selain makanan-makanan tersebut, ada baiknya wanita juga mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan antioksidan yang bisa membuat sel-sel pada payudara tetap terjaga kesehatannya dan mencegah munculnya sel kanker. Beberapa buah layaknya buah berry, buah peach, buah plum, brokoli, kacang walnut, ikan salmon, dan berbagai jenis kacang-kacangan sangat direkomendasikan untuk wanita yang ingin tetap membuat payudara terjaga kecantikan dan kesehatannya.