Agar Para Pekerja Kantoran Tetap Sehat, Lakukan Hal-Hal Berikut

DokterSehat.Com – Para pekerja kantoran kerap kali diasosiasikan dengan mereka yang kurang bisa menjaga kesehatan tubuh dan beresiko terkena berbagai penyakit. Lamanya waktu duduk dan juga kecenderungan untuk kurang mendapatkan asupan air putih yang cukup dalam sehari ditengarai menjadi pemicu utama banyaknya masalah kesehatan pada para pekerja kantoran. Sebenarnya, apakah ada cara agar para pekerja kantoran bisa tetap sehat? Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan oleh para pekerja kantoran untuk menjaga kesehatannya.

doktersehat-kerja-stres-lembur-capek

Beranjak Dari Kursi
Bekerja dengan posisi duduk kerap kali dianggap sebagai cara paling nyaman untuk bekerja. Sayangnya, dengan duduk dalam waktu yang lama seharian, kita bisa mengalami masalah pada tulang belakang, bahu, pinggul, hingga leher. Pakar kesehatan dr. Meggie Smith, DC, menyebutkan jika setidaknya sekali dalam satu jam kita harus beranjak dari kursi untuk berdiri atau bahkan berjalan sebentar meskipun hanya untuk mengambil air minum atau melihat ke luar jendela. Trik sederhana ini bisa membuat kita mencegah munculnya masalah pada postur tubuh.

Menjaga Konsumsi Air
Banyak pekerja kantoran yang terlalu sibuk hingga tidak menyadari jika mereka hanya sedikit meminum air putih dalam sehari. Padahal, tubuh harus terhindar dari dehidrasi jika kita ingin menjaga fokus dengan baik. Sediakan air putih di atas meja kerja dan setidaknya kita harus meminum air putih dengan cukup, apalagi jika tubuh sudah memberikan sinyal rasa haus.

Tidak Menunda Waktu Makan
Selain lupa minum air, kesibukan pekerjaan juga membuat banyak pekerja kantoran menunda waktu makan siang. Padahal, hal ini bisa memicu masalah pencernaan. Selain itu, karena tidak memiliki kesempatan untuk makan, banyak dari kita yang justru pada akhirnya mengkonsumsi camilan tidak sehat. Kita harus mengganti camilan ini dengan buah-buahan atau kacang-kacangan yang jauh lebih sehat. Hindari pula konsumsi gula secara berlebihan baik itu melalui minuman atau jajanan.

Baca Juga:  Mengapa Luka Akibat Goresan Kertas Terasa Sangat Nyeri?

Udara Segar
Saat penat, cobalah untuk mencari udara segar atau keluar dari ruangan sebentar menuju taman. Meskipun terlihat sepele, memberikan jeda dan mencari udara segar terbukti mampu menjaga pikiran terbebas dari rasa stress dan mampu membuat tubuh terevitalisasi dengan baik.