Agar Mata Tetap Sehat, Hindari Hal-Hal Berikut

DokterSehat.Com – Salah satu organ tubuh yang paling penting bagi tubuh kita adalah mata. Bagaimana tidak, tanpa adanya mata, kita tentu akan kesulitan melakukan barbagai aktivitas. Meskipun semua orang mengetahui pentingnya organ penglihatan ini, dalam realitanya, kita masih sangat buruk dalam menjaga kesehatan mata sehingga kita bisa dengan mudah mengalami masalah kesehatan. Untuk menghidari berbagai masalah kesehatan mata, ada baiknya kita menghindari berbagai hal berikut.

doktersehat-mata-kerja

Melihat layar elektronik seharian
Masyarakat modern seakan-akan tidak bisa lepas dari kegiatan memandang layar elektronik, baik itu dari televisi, layar komputer, hingga layar ponsel kita. Tahukah anda jika layar elektronik bisa memancarkan cahaya biru yang bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan mata? Jika kita menatap layar elektronik ini seharian, tentu kita akan membuat mata menjadi tegang, kepala pusing, dan beresiko mengalami gangguan penglihatan. Beruntung, kita bisa melakukan aturan 20-20 dimana setiap kali kita menatap layar elektronik selama 20 menit, kita bisa mengalihkan pandangan 20 detik ke tempat lain dan tidak lupa untuk banyak berkedip agar tidak mudah terkena masalah mata.

Hanya memakai obat tetes saat mengalami mata merah
Kadangkala kita merasa mata kita memerah, lelah, atau bahkan gatal-gatal. Kita pun akan segera mengambil obat tetes mata untuk mengatasinya. Sayangnya, banyak orang yang berpikir jika obat tetes mata bisa mengatasi berbagai iritasi penyebab masalah kesehatan mata tersebut. Padahal, obat tetes mata hanyalah mengandung vasoconstrictor yang membuat pembuluh darah menyusut secara sementara dan mata pun akan mudah untuk memerah kembali. Jika mata sudah mengalami gejala mata merah atau iritasi, ada baiknya kita segera memeriksakannya ke dokter untuk penanganan medis yang lebih tepat.

Baca Juga:  Buah Kenari Bisa Menyehatkan Sperma Pria

Memakai eyeliner pada dalam kelopak mata
Make-up memang terkadang bisa menimbulkan masalah kesehatan. Tak hanya masalah kesehatan kulit wajah, eyeliner juga bisa memicu masalah andai kita gunakan pada bagian dalam kelopak mata. Partikel-partikel kecil dari eyelenir ini bisa membuat pasokan oksigen ke mata berkurang dan pada akhirnya menyebabkan mata terkena infeksi.