Agar Mata Kita Tidak Mudah Kering

DokterSehat.Com – Tahukah anda, mata ternyata termasuk dalam organ tubuh yang bekerja dengan sangat lelah seharian. Meskipun terlihat sepele, melihat ternyata juga bisa membuat kita merasa lelah. Tak percaya? Cobalah untuk menatap layar komputer seharian, mata dan tubuh anda tentu akan merasa sangat lelah. Biasanya, mata yang lelah ini disebabkan oleh kondisi mata yang kering. Tanpa kita sadari, saat kita menatap layar komputer, mata kita cukup jarang berkedip dan membuatnya tidak dilembabkan oleh air mata dengan cukup. Lantas, apakah ada cara agar kita tidak mudah mengalami mata kering? Berikut adalah tips-tipsnya.

doktersehat-penglihatan-mata-kabur-miopi

Tips pertama untuk menjaga mata agar tidak mudah mengering tentu saja adalah dengan cukup sering mengedipkan mata. Beberapa aktifitas harian layaknya saat kita menatap layar komputer, membaca, atau bahkan saat mengendarai mobil atau sepeda motor bisa membuat mata kita jarang mengedip sehingga bisa memicu mata kering. Selain mengingatkan diri agar tidak lupa berkedip, cobalah untuk tidak mengucek mata andai mata terasa gatal karena hal ini bisa memperburuk kondisi mata kering.

Untuk menjaga mata tidak mudah terasa kering, cobalah untuk mengkonsumsi lebih banyak asam lemak omega 3. Dari penelitian yang dilakukan pada tahun 2015, disebutkan bahwa konsumsi asam lemak omega tiga bagi wanita akan membuatnya lebih jarang terkena masalah mata kering. Beberapa jenis ikan laut layaknya ikan salmon dan kacang-kacangan walnut bisa kita konsumsi untuk memenuhi asupan asam lemak omega 3.

Untuk menjaga selaput lendir pada mata tetap lembab dan bisa membuat produksi air mata tetap dalam kondisi baik, maka ada baiknya kita memenuhi asupan cairan tubuh setiap hari dengan minum air setidaknya delapan gelas sehari. Selain itu, cobalah untuk menjaga kelembaban ruangan sehingga mata pun tidak akan mudah kering. Gunakan pula obat tetes mata yang sudah teruji secara medis jika anda merasa mata anda lelah atau kering.