Agar Kita Terbebas Dari Masalah Bau Mulut, Lakukan Hal ini

DokterSehat.Com – Apa saja sih yang bisa membuat bau mulut kita menjadi tidak sehat? Banyak orang yang berpikir bahwa kebiasaan kita mengkonsumsi makanan yang cenderung berbau layaknya bawang-bawangan atau karena kita malas menyikat gigi menjadi pemicu utama dari masalah bau mulut. Padahal, ada banyak penyebab lainnya dari masalah bau mulut yang akan membuat kita merasa tidak nyaman saat berbicara dengan orang lain ini. Salah satunya adalah jika lidah kita tidak benar-benar bersih. Apa sajakah yang bisa kita lakukan agar bisa terbebas dari masalah bau mulut ini?

doktersehat-kanker-mulut-bau-cegukan

Pakar kesehatan gigi bernama dr. Ada Cooper menyebutkan jika banyak orang yang sampai mengunyah permen karet atau membawa mouthwash untuk mengatasi masalah bau mulut ini. Padahal, kita cukup melakukan hal-hal berikut dan masalah bau mulut bisa segera menghilang:

  • Hal pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan rutin menyikat gigi begitu kita selesai makan. Luangkanlah waktu sebentar untuk membersihkan gigi sehingga terbebas dari sisa makanan yang jika bertemu dengan bakteri bisa menyebabkan bau mulut. Dengan rutin melakukannya, mulut pun akan menjadi lebih segar dan tidak menimbulkan bau tak sedap.
  • Hal berikutnya yang tidak boleh kita lupakan adalah dengan menyikat gigi secara rutin sebelum tidur. Tahukah anda, jika kita tidak menyikat gigi sebelum tidur, maka sisa makanan dan benda apapun yang masuk dan menempel pada gigi kita ini akan bereaksi dengan bakteri dan bisa menimbulkan bau yang sangat tidak sedap. Alhasil, kita pun akan mendapatkan masalah bau badan yang luar biasa, khususnya saat bangun pagi.
  • Banyak orang yang berpikir jika asalkan gigi mereka sudah bersih, maka mereka akan terbebas dari bau mulut. Padahal, lidah yang kotor juga bisa menjadi pemicu utama bau yang tak sedap. Gunakan sikat juga untuk menyikat lidah, khususnya bagian belakang lidah sehingga lidah tetap segar.
  • Rutin-rutinlah meminum air putih karena dengan mulut yang tehidrasi dengan baik, maka bakteri tidak akan banyak berkembang dan kita pun akan terbebas dari masalah bau mulut.