Agar Kamar Kita Tidak Menjadi Sumber Alergi

DokterSehat.Com – Kamar tidur adalah tempat yang paling nyaman di dalam rumah. Pada kamar tidur ini, kita bisa saja tidur dengan santai dan nyaman seharian, atau sekadar membaca dan menghabiskan banyak waktu lain dengan tenang. Sayangnya, karena dijadikan ruang yang sangat privasi, banyak orang yang tidak benar-benar membersihkan atau merapikannya dengan benar. Alih-alih menjadi kamar yang nyaman, kondisi ini ternyata bisa membuat kamar menjadi sumber alergi. Lantas, adakan cara yang tepat agar kamar kita tidak menjadi sumber alergi?

dotersehat-kamar-tidur-alergi

Pakar kesehatan menyebutkan jika setidaknya ada empat hal yang harus diperhatikan untuk membuat kamar tidak benar-benar menjadi sumber energi. Sebagai contoh, ada baiknya kita mulai memindahkan rak buku dari kamar tidur kita ke tempat atau ruangan lainnya. Bagaimana tidak,  buku ternyata bisa menjadi area dimana debu terkumpul dan jika debu sudah sangat tebal, dikhawatirkan akan menimbulkan masalah alergi. Selain memindahkan rak buku dari dalam kamar, ada baiknya kita juga rutin mengganti sprei atau sarung bantal-guling dan jika diperlukan, jemurlah kasur, bantal, dan guling dengan ditepuk-tepuk.

Area karpet juga harus diperhatikan agar tidak menjadi sumber alergi dalam kamar. Bersihkan karpet kita setiap hari, khususnya dengan cara menepuk-nepuknya di luar rumah agar berbagai kotoran dan debu bisa terlepas. Lakukanlah setidaknya setiap hari dan jika diperlukan, sering-seringlah mencuci karpet. Ada baiknya hewan peliharaan tidak memasuki kamar kita, apalagi menaiki kasur. Hal ini bisa mencegah mereka yang alergi dengan bulu hewan mengalami masalah kesehatan. Dengan kamar yang terbebas dari hewan peliharaan, nafas kita pun akan cenderung lebih lega dan terbebas dari alergi.

Banyak orang yang tertidur dengan rambut yang basah. Padahal, rambut basah yang mengenai sarung bantal atau bantalnya juga bisa membuat kutu-kutu, jamur, hingga bakteri berdatangan. Ada baiknya kita mengeringkan rambut hingga benar-benar kering untuk mencegah munculnya alergi dari kamar kita.